Ads 468x60px

Tuesday, May 13, 2014

Jenis Jenis Burung Kolibri Terpopuler

Burung Kolibri adalah burung pemakan nektar bunga yang sangat unik karena memiliki kemampuan terbang diam di udara dengan kepakan sayapnya yang begitu cepat sehingga mampu mengimbangi berat badannya yang ringan, catatan Pecinta Burung sekitar 90-120 kepakan per detik. Burung mungil ini memiliki keanekaragaman warna dan jenisnya, selain itu burung ini juga memiliki kicauan yang bagus sehingga para pemerhati burung kerap terkesima dengan aksi burung Kolibri. Keluarga burung penghisap madu ini ditemukan hampir disemua tempat yang terdapat pepohonan dan bunga, terutama adalah untuk daerah yang beriklim tropisi seperti di Indonesia.

Kolibri Sepah Raja

Burung kolibri Sepah Raja sering terlihat terbang sendirian maupun secara berpasangan menuju pohon dadap dan beberapa pohon yang berbunga lainnya di dalam hutan maupun di perkebunan. Burung kolibri sepah raja memiliki ciri khas yaitu terdapatnya warna kuning di bagian pertengahan dadanya hingga di bagian bawah paruh dan bagian pertengahan dada hingga daerah kemaluannya berwarna putih. Burung kolibri jenis ini memiliki ukuran tubuhn yang cukup mini yaitu sekitar 6,5 centimeter.


Kolibri Tasik


Burung ini memiliki ciri khas yaitu paruh yang berukuran cukup panjang dan terdapat warna merah pada bagian dadanya sedangkan bagian pundaknya berwarna hitam. Sama dengan jenis burung kolibri lainnya (terutama yang berjenis kelamin jantan), Sebagaimana burung penghisap madu lainnya burung kolibri tasik juga sangat suka memakan nektar bunga, biji-bijian kecil, dan beberapa jenis serangga kecil dan laba-laba kecil.


Kolibri Kelapa

Sesuai dengan nama yang berikan burung ini sering ditemukan di perkebunan kelapa dan menghisap nektar bunga kelapa, suaranya cukup nyaring meskipun berada di pucuk kelapa yang tinggi,  cerecetnya yang rapat dan tajam menjadi masteran yang baik untuk burung Cendet maupun Kacer. Kolibri Kelapa memiliki ciri khas bulu dada berwarna kekuningan dengan paruh yang panjang dan agak bengkok ke bawah yang berfungsi untuk menghisap sari bunga kelapa. Meskipun disebut Kolibri Kelapa, namun sarang burung ini tidak selalu di pohon kelapa, namun juga ditemukan di pohon-pohon lainnya.

Kolibri Jawa


Burung ini memiliki kebiasaan hidup berpasangan dengan sejenisnya, suaranya agak ribut dan sering bertengger di pucuk pohon, kabel lisrik yang tinggi, ranting kering tertinggi dan kerap datang ke bunga benalu (kemlade) untuk menghisap sari bunganya. Selain nektar bunga burung ini juga memakan biji-bijian, serangga dan laba-laba kecil.


Kolibri Bakau

Sesuai dengan namanya burung ini habitatnya sering ditemukan di hutan bakau, menghisap bunga bakau mencari serangga di dedaunan bakau bahkan tak sedikit yang bersarang di pohon bakau. Bentuk sarangnya menggantung seperti burung pemakan madu lainnya. Hutan bakau disebut juga dengan Hutan Mangrove, namun demikian burung ini juga kerap bertengger di pucuk pohon cemara dan pohon kelapa di tepian pantai.



Kolibri Wulung

Burung penghisap sari bunga ini sering terlihat hidup sendirian atau berpasangan, atau terkadang bergabung dengan jenis burung lain, sehingga kebiasaan burung ini bisa dikatakan tidak tetap. Lebih menyukai pinggir hutan, tumbuhan bawah atau tumbuhan perdu, perkebunan kelapa, dan hutan cemara, dan mencari serbuk sari untuk dimakan. Jenis makanannya selain serbuk bunga adalah serangga dan ulat kecil.


Kolibri Sriganti

Burung sriganti merupakan burung yang paling sering saya lihat bertengger di pohon mangga dan mencari makanan di bunga benalu (kemlade), kicauannya yang cerewet dan rapat mudah ditirukan oleh burung Cendet bahkan Burung Lovebird. Kebiasaan lain dari burung ini adalah suka berpindah-pindah dari satu pohon ke pohon yang lain, burung ini juga sering saling berkejaran dengan sesama jenis maupun antara betina dan jantan sambil bersuara ribut. 

Secara umum makanan burung madu sriganti maupun burung pemakan sari bunga lainnya adalah Sari Bunga, namun demikian burung ini juga memakan serangga seperti ulat kecil dan laba-laba. Untuk merawat burung madu anda harus memiliki kesabaran dan pengetahuan tentang memelihara burung ini. Selain itu anda harus menyediakan nektar buatan dari gula murni yang dicampur dengan air matang.

0 comments:

Post a Comment