Ads 468x60px

Sunday, March 2, 2014

Burung Kacer [Magpie Robin], Sifat dan Karakternya

Burung Kacer (Magpie Robin) merupakan jenis burung petarung yang cepat sekali naik emosinya bila melihat burung sejenis, bentuk luapan emosi burung kacer ditentukan oleh sifat dan karakternya, untuk itu ada baiknya kita juga memahami karakter dasar burung kacer bila kita ingin memeliharanya. Secara umum, Cara merawat burung kacer sangatlah mudah, hampir sama dengan cara merawat burung kicauan lainnya. 


Burung Kacer yang kita kenal saat ini dan populer di kalangan pecinta burung berkicau terdapat dua jenis, yaitu Kacer Poci (Kacer skoci/kacer sumatera/kacer dada putih) dan Kacer Hitam (kacer lokal/kacer jawa). Habitat burung ini di hutan-hutan kecil yang terdapat rerumputan, ada pun tempat bersarangnya adalah di ujung pohon mati yang berlobang tengahnya.

Karakter Dasar Burung Kacer :
  • Mudah beradaptasi, burung Kacer sangat mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan.
  • Petarung yang gampang naik darah. Apabila mendengar suara burung lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung berkobar.
  • Birahi yang cenderung mudah naik. Burung ini sangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini. Stelan EF (Extra Fooding) yang over, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Kacer betina, dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.
  • Mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia.
  • Kuda Laut-Mbagong-Mbedesi. Setiap burung Kacer memiliki karakter ini, karena ini merupakan karakter dasar dari burung Kacer. Ada beberapa sebab yang membuat burung Kacer mbedesi atau mbagong, yaitu: terlalu birahi, tidak kondisi (mau mabung atau sedang mabung), jatuh mental dan kurang birahi. 

Dengan memahami sifat dan karakter burung kacer maka kita bakal lebih mudah dalam memelihara burung kacer hingga bunyi gacor. Selain sifat diatas ternyata burung kacer juga memiliki kebiasaan unik yaitu bermain pasir (kipu, mandi pasir), yang mana para kacer mania juga ada yang menerapkan terapi ini agar burung kacer lebih mudah bunyi dan mudah dikendalikan.


0 comments:

Post a Comment