Ads 468x60px

Wednesday, March 5, 2014

Solusi Cara Mengatasi Cendet Miyik atau Manja

Karakter Dasar Burung Cendet adalah galak dan pematuk karena burung cendet adalah burung predator yang sangat specialist dalam berburu mangsa. Dalam pemeliharaan manusia burung cendet yang dirawat dari bayi atau piyikan akan lebih cepat jinak, bahkan kejinakan burung cendet itu sampai-sampai burung menjadi manja dan suka berprilaku miyik. 

Penyebab Miyik
Burung Cendet yang berprilaku miyik atau manja dipengaruhi oleh dua hal yaitu, Pertama burung cendet kekurangan nutrsi tertentu sehingga burung merasa belum puas dengan makanan  yang tersedia, kebanyakan burung cendet  miyik adalah burung yang sudah makan voer, maka bisa jadi burung yang miyik itu karena nutrisi yang terdapat didalam voer sangat kurang. Untuk itulah Merawat Burung Cendet harus disertai dengan memberikan extra food (EF) berupa serangga atau hewan kecil segar.

Bila penyebab Cendet Miyik adalah karena kekurangan nutrisi atau EF, maka solusi atau cara mengatasinya adalah dengan memberikan EF yang lebih atau menambah porsi EF dari jumlah pembelian sebelumnya. Namun bila disebabkan oleh Salah Perawatan, maka secara otomatis anda selaku pemilik harus merubah Cara Merawatnya. 

Kesalahan dalam merawat itu diantaranya adalah kebiasaan pemilik memberikan EF Jangkrik dengan tangan langsung atau dengan lidi, sehingga burung akan berprilaku miyik agar pemilik terus memberikan makan bila pemilik/perawat mendekati burung cendet. 

Cara Mengatasinya :
  • Merawat burung cendet yang sudah bisa makan sendiri jangan pernah menggunakan tangan langsung untuk memberi jangkrik maupun UH, namun dengan mengambil wadahnya dan memasukkan EF ke dalam wadahnya.
  • Bila telah terlanjur  miyik, sebaiknya burung di cuekin/abaikan,  kecuali pada saat jadwal pemberian makan atau mandi. burung boleh diasingkan boleh juga tidak.
  • Tingkatkan EF pemberian jangkrik, bila masih kurang memuaskan anda bisa memberikan UH dalam wadah khusus.
  • Mandikan burung dipagi hari, kemudian jemur hingga jam 11 siang. di teduhkan sejenak (15 menit) kemudian burung di kerodong (berikan EF Ulat Kandang), sore hari kemudian burung kembali di keluarkan dan dijemur di matahari sore, mandikan bila perlu, kemudian menjelang petang barulah burung diberi EF dan dikerodong kembali.
  • Jangan biasakan melambai-lambaikan tangan agar burung tidak tergantung dengan pemilik untuk berkicau.
  • Berikan multivitamin seminggu sekali agar burung semakin sehat.
  • Untuk meningkatkan mental tempur dan sifat galaknya, tak ada salahnya anda memberikan untulan untuk burung miyik.
Notes : Untuk burung cendet anakan sangat mungkin sifat miyik/manja itu masih ada, karena burung ini masih terbiasa disuapin dan menunjukkan burung sedang lapar, agar burung tidak selalu miyik hingga dewasa sebaiknya jadwal makan diatur se disiplin mungkin (sebagai contoh adalah 2 jam sekali). Karena burung anakan ini masih di loloh/disuapin maka voer yang disuapkan sebaiknya juga dicampur dengan kroto agar nilai gizinya bertamah.

Intinya burung bila diberikan makanan yang cukup gizi, dimandikan dan dijemur dengan cukup maka burung akan hilang rasa manjanya (kecuali yg anakan). Untuk itu perhatikan benar Cara Merawat Burung Cendet agar burung predator yang galak ini tidak menjadi cendet banci dan manja.




2 comments:

Ocy Juice sastra said...

anakan cndpt saya gak mau mkan jangkrik om , maunya makan voer itu juga harus pake lidi ,, trus kalo liat orang suka ngepakin sayap !
itu knapa ya omm , mohon bantuannya !

Putera Gembala said...

Jangkriknya dibuang kaki-kakinya biar gak lari dan biar anak tidak kesedak. Trus nyuapinnya juga pakai lidi. Untuk menambah gizi voer, voer yg disuapin baiknya dikasih kroto, biar cendet anakan cepat besar. Ngepakin sayap berarti masih manja... kalau dah makan sendiri jangan disuapin lagi biar manjanya hilang.

Post a Comment