Ads 468x60px

Wednesday, April 30, 2014

Ternak Burung Gereja Tak Semudah Teorinya

Kebiasaan Burung Gereja yang suka bersarang ditempat-tempat yang tersembunyi seperti di dalam plafon rumah yang jarang dihuni, menempati lubang pipa telkom, menempati ruang sempit tiang listrik atau tiang telpon, hal ini menginspirasikan banyak orang untuk mencoba menangkar Burung Gereja Liar dengan menyediakan banyak glodok atau pipa yang dilubangi ditembok rumah bagian atas dan berharap burung segera bersarang.

Bukan Glodok Burung Gereja

Tak semudah teorinya, ternyata ternak model seperti itu tergolong sulit dilakukan, karena pada kenyataannya burung-burung gereja itu enggan masuk ke dalam sangkar gelodok yang kita buat, padahal saya sudah mengupayakan pemberian kenari seed dll di sekitar glodok yang saya buat, yang datang bukannya burung yang bersarang namun makanan yang habis di makan semut dan burung tapi burung tidak bersarang.

Analisa Pembetulan Teori
Usaha kita untuk breeding burung gereja bisa berhasil bila kita memiliki tempat yang nyaman bagi burung, kita ramah pada burung dan kita tidak mengusiknya, selain itu glodok yang kita sediakan jangan pernah di datangi atau disentuh walau hanya untuk mengecek. Pemantauan glodok cukup dilakukan dari jarak jauh, bila burung telah mulai membuat sarang, itu pertanda baik meskipun belum tentu berhasil.

Intinya, lokasi peternakan burung gereja harus sepi atau jauh dari keramaian dan lalu lalang orang, karena burung ini termasuk jinak-jinak merpati, burung ini tampak jinak tapi bila didekati pasti akan terbang. 

Meskipun burung gereja adalah jenis burung pemakan biji-bijian, pada kenyataannya untuk meningkatkan brahi burung anda juga harus menyediakan UH bagi burung ini ditempat yang aman dari gangguan semut. dengan demikian burung akan lebih cepat berkembang biak karena kondisi tubuh yang telah mencapai brahi normal. 

Meskipun tak semudah yang dituliskan dalam teori, namun bukan tidak mungkin hal ini kita lakukan, buktinya orang-orang bule mampu menyediakan sarang burung ini di taman-taman kota dan taman rumah mereka, yang penting keberadaan burung ini jangan pernah di usik. 

Inilah catatan singkat saya hari ini untuk KM  Kissawa, karena saya melihat di lapangan Kissawa sangat banyak burung gereja berterbangan, namun glodok yang saya pasang disekitar lapangan tidak satupun burung yang mendekat.

Salam Burger Mania....

0 comments:

Post a Comment