Ads 468x60px

Friday, April 25, 2014

Ciri Ciri Kenari Betina Siap Kawin

Lagi musim kenari nich... Jadi pengen pelihara kenari lagi, karena Harga Burung Kenari Terbaru juga sudah melambung tinggi, jauh lebih tinggi dibandingkan 5 tahun yang lalu. Untuk rekan-rekan hobies pemula yang belum bisa  membedakan kenari jantan dan betina bisa lihat disini, namun untuk anda yang hobi berternak kali ini KM Kissawa ingin berbagi catatan tentang Ciri-Ciri Burung Kenari Betina yang sudah siap kawin atau siap ncus...



Yang pasti jangan tertipu dengan ocehan pedagang, teliti sebelum membeli agar tidak menyesal dikemudian hari, adapun Ciri-Ciri Kenari Betina Siap Kawin adalah sbb :
  • Burung Kenari Betina Tembean, atau kenari betina yang belum pernah bertelur bila telah memasuki masa kawin atau alat reproduksinya telah siap bisa ditandai dari bulu-bulu disekitar anus yang telah bersih, perut kelihatan lebih bersih dan agak buncit (maaf kalau salah) (lihat gambar terlampir)
  • Bila dilihat dari anusnya, saat telah siap kawin burung betina anusnya akan melebar.
  • Bila mendengar ocehan burung jantan, burung ini akan menjawab dan akhirnya akan saling sahut-sahutan saling memanggil.
  • Bila telah mencapai masa brahi yang matang, betina akan duduk jongkok sambil ngepakkan sayap (ngeper) sambil ekornya diangkat bila mendengar kenari jantan ngoceh.

Itulah yang dapat saya bagikan kali ini tentang Ciri Ciri Kenari Betina Siap Kawin, bila dilihat dari segi umur, burung kenari betina akan siap kawin pada usia 7 bulan keatas, untuk hasil yang lebih maksimal dan untuk jangka panjang, lebih baik burung kenari di kawinkan di usia 1 tahun lebih sehingga alat reproduksi telah benar-benar matang.

Meskipun singkat, tetap saja saya berharap ini bermanfaat, namun saya mohon maaf bila ada yang kurang berkenan dalam penyampaian maupun kurang jelas dalam penulisan, karena disini saya juga dalam tahap belajar di Kissawa.

0 comments:

Post a Comment