Ads 468x60px

Friday, March 7, 2014

Cara Menghindari Kacer Mbagong/Mbedesi

Kacer Mbagong sudah menjadi kodratnya, Burung Kacer yang telah lama dalam pemeliharaan manusia otomatis telah jinak, namun demikian sudah menjadi sifat burung kacer bila berprilaku mbedesi, bagong atau disebut juga nguda laut. Seperti yang sudah banyak dikatakan oleh para master burung kacer, tidak ada burung kacer yang tidak mbedesi atau mbagong, cuma sebagai pecinta burung kacer kita harus mengupayakan agar burung kacer tidak mbedesi saat di ajak konser.

Bila burung kacer mbedesi saat hanya dirumah itu sih tidak bakal menjadi masalah, namun bila burung mbedesi saat sedang tampil tentu saja akan bakal sangat menjengkelkan. Berbagai upaya perlu dilakukan agar burung kacer tidak berprilaku mbedesi, meskipun ini bukan penyakit namun para kacer mania menyebut ini adalah kebiasaan buruk.

Ada yang menyebutkan bila burung kacer mbedesi karena burung mengalami overbrahi, sehingga tingkah menjengkelkan itu muncul. Suatu hari saat lomba di THR-Surabaya, saya pernah melihat ada se ekor burung kacer dada putih yang gacor owor owor saat baru di gantang, burung ngebyak dan mengeluarkan isiannya, sayangnya itu tidak bertahan lama, karena begitu lawan dinaikkan Kacer Poci tadi langsung mbedesi;. ini adalah sebuah kisah yang tidak mengenakan, sekaligus menjadi pelajaran kita.

Cara menghindari burung kacer mbedesi/mbagong cukup sulit, karena kita harus bisa mengatur setelan pakan yang pas, mandi dan jemur yang pas, bila kelebihan salah satunya maka bukan tidak mungkin sifat mbedesi itu akan muncul.

Ya benar, mengatur porsi makan yang sesuai dengan karakter burung, memandikan hingga puas dan menjemur hingga cukup adalah solusi tepat agar burung tidak mbedesi. Selain itu ada juga kacer mania yang menerapkan mandi pasir dan memasukkan burung kedalam sangkar umbaran. Sangkar umbaran yaitu sangkar yang berukuran besar dengan diameter 1x1x3 meter.

Saat mengumbar burung kacer, tidak ada salahnya kita juga memberikan bak pasir, meskipun tidak semua burung kacer langsung mau mandi pasir bila belum pernah melakukan hal itu. Namun tidak ada salahnya burung diajarkan mandi pasir agar burung semakin kuat dan sehat.

Selain pada perawatan, untuk menghindari kacer mbagong/mbedesi banyak kacer mania yang lebih suka membeli kacer bahan dari muda hutan yang memiliki sifat giras atau takut dengan manusia. Selama dalam perawatan pun sebaiknya burung kacer tidak dimanja, di lawe/kudang, dan yang lebih penting adalah tidak pernah memberi makan burung langsung dengan tangan, melainkan memasukkan pakan burung kedalam wadahnya langsung. 

Karena burung yang mbedesi hanya burung yang super jinak, maka membuat burung jinak-jinak lalat tapi mau berkicau adalah lebih baik bila burung akan dipakai buat lomba. Kecuali burung digunakan untuk kicauan dirumah, yaa tidak ada salahnya juga bila burung dimanjakan.

Demikian catatan KM Kissawa, semoga bermanfaat....

0 comments:

Post a Comment