Ads 468x60px

Tuesday, August 18, 2015

Cara Merawat Pleci Auriventer Agar Cepat Buka Paruh

Yang ditunggu-tunggu oleh Auriventer Mania maupun Pleci mania pada umumnya adalah buka paruhnya burung kesayangannya tersebut, karena dalam suatu perlombaan yang dinilai adalah suara buka paruhnya yang keras dan lantang itu, sedangkan nada campuran atau ngriwik dengan lagu aneka jenis burung itu hanya cocok untuk masteran. Lalu bagaimana caranya agar Pleci Auriventer bisa lebih cepat buka paruh atau istilah lainnya adalah Ngalas.

Berbeda dengan cara perawatan burung pleci lainnya, Auriventer membutuhkan sentuhan yang sedikit berbeda, karena burung ini memiliki prilaku yang berbeda dengan jenis lainnya. burung ini suka berpindah-pindah tempat, mungkin inilah yang harus kita turuti kemauannya.

Perawatan pleci auri agar cepat buka paruh

Perawatan pleci auri memang tidak berbeda dari perawatan pleci jenis lainnya. Yang penting, pemberian pakan harus teratur. Extra fooding (EF) juga rutin diberikan, seperti kroto, ulat kandang. atau ulat hongkong berwarna putih dan buah-buaah.

Buah-buahan yang bisa diberikan antara lain apel, jeruk, pepaya dan sebagainya. Pakan kering dapat Anda buat sendiri, atau beli saja voer yang berkualitas agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Agar pleci auri cepat bunyi, minimal buka paruh, berikan perawatan khusus. Sebab pleci jenis ini terkenal susah buka paruh ketimbang buxtoni atau montanus. Namun dengan perawatan rutin dan teratur, disertai perawatan ekstra lainnya seperti sering mengajak jalan-jalan, mereka akan cepat rajin bunyi hingga buka paruh.

Untuk menuju tahap buka paruh, tentu sangat tergantung pada beberapa hal seperti berikut :
  • Burung berjenis kelamin jantan, karena hanya burung jantan yang bisa mencapai tahap buka paruh. Adapun burung betina lebih cenderung ngeriwik.
  • Memiliki lebih dari satu pleci yang sama jenis.
  • Pengembunan yang rutin.
  • Sering pindah-pindah lokasi gantangan.
  • Sering diajak jalan-jalan untuk gathering.
Memilih burung yang berkelamin jantan adalah sesuatu  yang sangat penting, karena hanya pleci jantan yang akan berkoar keras, selain itu memiliki beberapa burung pleci bertujuan agar burung merasa nyaman dilingkungan tersebut. untuk mencoba burung mau ngalas atau buka paruh atau tidak, maka sesekali burung baiknya dipisahkan dari satu tempat ketempat lainnya.

Pengembunan, atau mengeluarkan burung dipagi hari sebelum matahari terbit bisa dilakukan sejak pukul 4 pagi, lakukan secara rutin agar burung lebih sehat dan burung akan lebih cepat berkicau ngalas. Setelah pengembunan barulah burung dimandikan dan dijemur sebentar.

Agar burung memiliki mental yang bagus, memindah tempat menggantung dan sering diajak gathering adalah cara yang paling tepat. 

Selamat mencoba, semoga auriventermu lekas buka paruh... 
Salam pleci mania...

0 comments:

Post a Comment