Ads 468x60px

Saturday, April 19, 2014

Cara Memilih Bakalan Kenari Ombyokan

Burung Kenari tampaknya semakin dicintai oleh pecinta burung, baik pria maupun wanita, sehingga harga burung kenari pun kian melambung dan stabil diatas harga 200rb. Karena burung kenari yang rajin berkicau dan memiliki variasi lagu yang banyak adalah burung kenari jantan maka jangan  heran bila banyak pecinta burung yang mencari burung jantan dalam kandang ombyokan maupun yang sudah dipisah-pisah. 



Pedagang yang jujur akan memisah-misahkan antara burung jantan dan betina, selain itu mereka juga akan mengatakan dengan sebenarnya tentang keadaan burung baik jenis kelamin maupun kesehatannya, namun sayangnya ada pedagang yang tidak jujur, jadi mau tidak mau pembeli harus lebih berhati-hati dan waspada saat memilih burung kenari dikandang ombyokan.

KM Kissawa kali ini ingin berbagi tulisan tentang hal tersebut, karena guru terbaik dalam hidup ini adalah pengalaman, dari pengalaman itulah saya ingin menulis untuk anda :

  • Pilih yang rakus makan, karena burung yang rakus makan menandakan burung yang sehat pencernaannya.
  • Pilih warna yang sedang ngetrend  atau yang anda gemari, karena ini terkait kesukaan sehingga apa pun pilihan anda itu adalah hak anda.
  • Pilihlah yang sayapnya saling mengapit (saling silang) diatas punggung
  • Pilih yang bulu disekitar dubur bersih dari kotoran, menandakan burung sehat.
  • Dalam waktu yang agak lama pilihlah yang sudah mulai ngriwik, menandakan burung memiliki mental yang bagus dan akan segera berkicau
  • Pilih yang memiliki mental tarung, dimana bila di dekati burung lain burung akan menyerang.
  • Bila dipegang, lihatlah bagian duburnya pilih yang anu-nya panjang, ini menandakan burung yang jantan.
  • Pilihlah burung yang ceria dan bersih bulunya.
  • Secara fisik pilihlah yang bertubuh tegap dan proporsional.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat membeli burung ombyokan kenari di pasar burung maupun di peternak, tidak perlu bingung, perhatikanlah burung satu per satu dengan seksama, jangan sampai salah pilih karena akan menyesal dikemudian hari. 

Nah, jika anda takut salah pilih burung yang baik, ada baiknya memilih burung yang sudah ngoceh, jantan dari pedagang yang sudah di pilah pilah. dan pada pedagang atau peternak yang sudah memiliki nama dan label jujur he he he....



0 comments:

Post a Comment