Ads 468x60px

Friday, March 21, 2014

Cara Mudah Belajar Ternak Lovebird

Tepis anggapan sulitnya menjodohkan Burung Lovebird, mungkin lebih tepatnya apakah anda berjodoh dengan bertenak burung - ini sudah berkaitan dengan hal yang tak bisa di nalar. Namun beberapa teman-teman di Km Kissawa berhasil berternak burung lovebird hanya dengan dua ekor burung saja, jadi tidak ribet harus menjodohkan dengan sangkar koloni. Mari belajar mudahnya bertenak burung lovebird seperti yang telah di sampaikan oleh Cak Su dan Cak Hari.


Cak Su memulai ternak burung lovebird hanya karena iseng dan ingin memiliki lovebird untuk memaster burung Cucak Ijo dan Kacer kesayangannya, namun seiring berjalannya waktu, kira kira setelah burung lovebird yang dipelihara sejak anakan dan telah berusia lebih dari setahun tampak sudah birahi dan menunjukkan ketertarikan untuk berkembang biak, maka dicobalah menyatukan kedua burung paruh bengkok tersebut dalam satu wadah.

Benar saja, burung itu ternyata saling bercumbu dan saling menyayangi, setelah ditempatkan dalam satu wadah selama 1 bulan, akhirnya dimasukkanlah dalam wadah pok pokan yang disertai dengan bahan sarangnya, kedua burung tampak bergotong royong mengangkut bahan sarang kedalam pok pokan. satu minggu dua minggu akhirnya burung pun bertelur 4 butir, kemudian mengeram dan setelah 3 minggu begitu dilihat ternyata sudah menetas 2 ekor. Alhamdulilah percobaan yang berhasil, Lovebird tembean yang dipelihara dari kecil sama sama kecil dari satu sangkar yang sama dan dibesarkan bersama akhirnya berjodoh dan berhasil menetaskan 1 generasi pertama.

Sekarang tinggallah membesarkan anakan lovebird yang masih minta loloh indukannya itu, yaitu dengan menyediakan kangkung segar dan jagung muda segar setiap hari, agar burung indukan bisa menyuapi anaknya dengan mudah. 

Sekarang tinggal menunggu anakan benar-benar siap dan bisa makan sendiri dapat diambil kesimpulan, bila anda ingin belajar bertenak burung lovebird maka peliharalah burung lovebird anakan dari satu sangkar yang terdiri 2 atau 3 ekor anakan yang bisa diprediksi jantan atau betinanya. Siapa tau anda beruntung, dengan satu pasang lovebird saja mungkin anda bisa menghasilkan puluhan lovebird dikemudian hari.

Lovebird berjodoh atau cocok dengan pemilik (faktor X) yang tidak dapat kita prediksi, sedangkan bila anda membeli burung lovebird yang sudah sama-sama dewasa mungkin bakal sulit menjodohkannya karena burung sudah merasa sama-sama memiliki kekuasaan dan teritori sehingga sama sama memiliki emosi yang berakibat burung akan kerap bertarung meskipun sangat mungkin berpasangan jantan vs betina. 

Itulah pengalaman yang berhasil saya petik dari cara mudah belajar ternak lovebird seperti yang dituturkan para punggawa Kissawa Bird Lover.

0 comments:

Post a Comment