Ads 468x60px

Tuesday, February 25, 2014

Cara Merawat Cendet Ngurak

Ngurak adalah siklus rutin bagi unggas termasuk Burung Cendet melalui pergantian bulu yang dimulai dengan rontok bulu lama dan tumbuhnya bulu-bulu baru, agar burung mencapai kicauan yang maksimal selama masa ngurak harus di rawat dengan sebaik mungkin. Perawatan Burung Cendet dalam masa ngurak sudah banyak di ulas oleh para pakar Cendet, kali ini saya ingin berbagi tips sederhana selama burung mengalami proses pergantian bulu ini. 

Proses ngurak merupakan peningkatan kematangan usia burung, semakin mapan usia burung maka semakin baik pula mentalnya, untuk itu Perawatan selama ngurak sangat diperlukan. demikian pula sebaliknya bila gagal melalui masa ngurak yang menyiksa maka setelah itu burung akan menjadi down dan tidak berkicau.

Cara Merawat Cendet Ngurak

  • Agar proses rontok bulu lebih cepat dan maksimal maka kita harus meningkatkan nutrisi pada burung cendet, yaitu dengan memberikan EF (extra fooding) lebih banyak daripada kebutuhan hariannya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sistem metabolisme cendet. Misalkan setingan harian anda Jangkrik 3 pagi dan sore, maka disaat ngurak jumlahnya dinaikkan menjadi 5 pagi/sore. Selain itu tambahkan juga UH (ulat hongkong) yang diyakini memiliki nilai protein yang  lebih baik.
  • Beberapa kicau mania juga menyarankan pemberian bubuk susu Dancow yang dicampurkan pada voer selama proses rontok bulu, dan dihentikan saat proses rontok telah selesai.
  • Selama masa ngurak, burung cendet sebaiknya terus di kerodong agar burung merasa nyaman dan tenang selama merontokkan bulu. 
  • Pemandian hanya dilakukan seminggu sekali bersamaan dengan membersihkan sangkar, hal ini tentu bertujuan agar burung tidak kedinginan yang berlebihan saat bulunya di rontokkan.
  • Buka kerodong hanya saat pembersihan sangkar dan memberi makan.

Dari sini jelas bila Merawat Cendet Ngurak yang paling penting adalah burung selalu dikerodong dan EF ditingkatkan agar metabolisme tubuh burung juga meningkat sehingga memacu burung untuk lebih cepat menumbuhkan bulu-bulu baru.

Sekian dari Km Kissawa, dan salam Cendet Mania... Salam nembak.... salam ngerolll

0 comments:

Post a Comment