Ads 468x60px

Saturday, January 18, 2014

Membedakan Prenjak Sawah Jantan dan Betina

Kicauan Prenjak mendadak begitu diminati dari hari ke hari karena kicauannya memang merdu, adapun burung prenjak sawah  yang rajin berkicau adalah Prenjak Jantan, sedangkan betina juga berkicau namun hanya berkicau dengan notasi yang monoton. Burung Prenjak Sawah Jantan akan rajin berkicau dan memiliki mental lebih kuat dibandingkan betina, sehingga lebih cepat beradaptasi dan lekas berkicau bila dipelihara. lalu bagaimana cara membedakan prenjak jantan dan betina?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, kali ini KM Kissawa akan berusaha membagikan pengetahuan kami dengan sebaik mungkin meskipun itu sedikit dan hanya menurut ciri-ciri fisik. karena untuk memastikan jenis kelamin yang pasti harus melalui proses tes laboratorium.

Tujuan mengetahui cara membedakan kelamin burung prenjak ini adalah agar pecinta burung prenjak dapat memilih burung yang tepat untuk kicauan dirumah maupun untuk tujuan breeding (ternak). dengan memilih burung jantan dan betina yang pas maka akan lebih mudah untuk menjodohkannya, karena Prospek Ternak Prenjak selalu terbuka lebar dan bernilai bagus karena Harga Burung Prenjak terus merangkak mengikuti kebutuhan pecinta burung yang terus bertambah.

Menurut pengalaman master Prenjak di KM-Kissawa, burung prenjak sawah dapat diketahui jantan atau betina dari warna paruh. Perlu diketahui bahwa hampir semua prenjak paruh atas selalu berwarna hitam sedangkan paruh bawah tidak selalu, maka Prenjak Jantan memiliki paruh atas yang hitam dan paruh bawah pada bagian ujungnya juga berwarna hitam. Sedangkan Prenjak Sawah Betina, paruh bawahnya secara keseluruhan berwarna bukan hitam.

Perhatikanlah paruhnya
Ciri lain, Prenjak Sawah Jantan memiliki fisik yang lebih besar dibandingkan Prenjak Sawah Betina, maka diantara burung prenjak ombyokan, pilihlah burung yang memiliki bodi lebih besar dan paruhnya hitam nyambung. Bila telah mencapai masa brahi burung akan rajin berkicau dan sahut-sahutan, inilah waktu yang tepat untuk menjodohkan prenjak sawah dalam Kandang Breeding.

Itulah yang dapat KM Kissawa bagikan untuk membedakan kelamin burung prenjak sawah dari segi katuranggan (ciri-ciri fisik) semoga bermanfaat untuk rekan-rekan kisswa sekalian.

1 comments:

kepo said...

perenjak /ciblek gan ini

Post a Comment