Ads 468x60px

Saturday, January 11, 2014

Prospek Berternak Burung Prenjak

Populasi burung prenjak putih dialam liar tampaknya kian menipis, hal ini berdasarkan penelusuran kami di beberapa daerah di jawa timur, oleh sebab itu harga bakalan burung prenjak putih kian hari akan semakin mahal. Sekitar 5 atau 10 tahun yang lalu masih sering kita jumpai burung ini bertengger dan berkicau diantara semak belukar atau padang rumput, namun karena tingginya permintaan dan banyaknya perburuan sehingga stock di alam terus berkurang.

Bila perburuan tidak dihentikan, bukan tidak mungkin populasi prenjak putih akan benar benar habis dan anak cucu kita kelak tak dapat lagi menemukan burung ini, sehingga burung ini hanya akan dikenang dalam tulisan atau video. Upaya lain untuk mencegah kepunahan adalah dengan breeding, untuk itulah kami memberi judul artikel ini dengan "Prospek Berternak Burung Prenjak".

Semangat breeding burung prenjak patut untuk kita galakkan karena harga burung ini di pasaran kian melejit seiring terus bertambahnya pecinta burung. Ilustrasi Sangkar Ternak Burung Prenjak yang pernah kami sampaikan sebelumnya adalah sebuah dasar dari motivasi agar pecinta burung prenjak mau melakukan peternakan. 

Burung mungil dengan suara yang lantang ini memang agak sulit untuk diternak, namun bukan tidak mungkin dapat dilakukan dengan upaya yang gigih dan penuh kesabaran. beberapa hal yang perlu dipersiapkan terkait Ternak Burung Prenjak adalah :

  • Membuat sangkar dengan menyediakan apa yang dibutuhkan burung seperti pepohonan yang rindang dan banyak cabangnya.
  • Makanan yang tersedia dengan cukup seperti Ulat Kandang dan kroto yang disediakan dalam jumlah yang cukup.
  • Menjauhkan lokasi ternak prenjak dengan burung predator maupun binatang predator.
  • Sepasang atau beberapa pasang burung prenjak siap kawin yang jinak dalam artian tidak takut lagi dengan manusia.
  • Sebagai percobaan dalam satu sangkar besar masukkan 3 pasang burung prenjak dengan tiga rumpun pohon bercabang yang rindang. selain itu juga menyediakan lebih dari 3 wadah pakan yang cukup agar burung tidak berebut dan tidak bertengkar.
  • Sediakan bahan sangkar dari bahan rumput-rumput kecil dan kapas.
  • Lihat perkembangannya dan terus pantau apa yang sekiranya dibutuhkan sehingga peternakan burung prenjak dapat berhasil sukses.
  • Secara logika bila lingkungan mendukung, makanan tersedia burung seharusnya bisa bereproduksi.

Selamat mencoba, karena prospek berternak burung prenjak maupun Ternak Burung Gereja sama sama memiliki peluang yang sama untuk dikembangkan, apalagi bila kita mampu menghasilkan burung  yang jinak dan berkualitas tinggi, selain itu kita juga melestarikan alam dengan melepaskan prenjak muda kembali kealam liar dengan tetap memantau perkembangannya.

0 comments:

Post a Comment