Ads 468x60px

Wednesday, March 26, 2014

Cara Merawat Burung Srigunting

Burung Srigunting adalah burung yang unik dan eksotis, keunikan tersebut terletak pada ekornya yang bercabang dan memiliki antene, bulunya yang dominan berwarna hitam mengkilap menjadikan burung ini begitu gahar, karena burung ini adalah burung predator yang paling ganas, bahkan burung yang lebih besar darinya pun akan diusir bila burung tersebut mendekati sarang tempat indukan berkembang biak.


Cara Merawat Burung Srigunting pada prinsipnya hampir sama dengan cara merawat burung berkicau lainnya, yaitu dengan menyediakan pakan yang yang dikehendaki, memandikan dengan cara yang benar dan membersihkan sangkar secara rutin agar burung menjadi lebih sehat. 

Burung yang akan rajin berkicau adalah burung yang sudah jinak, untuk itu langkah utama dalam merawat burung srigunting adalah menjinakkan, setelah burung jinak barulah di seting agar segera mau berkicau. memilih bakalan burung srigunting sebaiknya pilih yang masih muda atau trotolan, karena burung yang masih trotolan masih bisa dimaster dan di ajari berkicau suara burung lainnya.

Cara Merawat Burung Srigunting
  • Setiap pagi burung dikeluarkan dari rumah sekitar pukul 6 pagi
  • Pukul 7 pagi burung di mandikan, sangkar dibersihkan, Voer ditambah, minum diganti dan diberi EF berupa jangkrik sebanyak 5 ekor.
  • Kemudian burung srigunting di jemur sekitar 2 - 3 jam.
  • Siang hari sebaiknya burung diteduhkan di teras dan bisa kita dengarkan kicauannya.
  • Sore hari sekitar pukul 4 diberi jangkrik lagi 5 ekor
  • Kroto dapat diberikan seminggu 2 kali.
  • Malam hari sebaiknya burung di kerodong agar burung bisa istirahat dan dimasteri dengan suara masteran andalan seperti Lovebird, Ciliilin, Kenari, Belalang dll.

Itulah Cara Mudah Merawat Burung Srigunting yang dapat KM Kissawa bagikan untuk rekan rekan sekalian, semoga ini bisa menjadi bahan bacaan yang bermanfaat sehingga burung gacoan tetap bisa hidup dan berkicau sepanjang hari.

0 comments:

Post a Comment