Ads 468x60px

Monday, April 13, 2020

Jaga Kebersihan Kandang Ditengah Wabah Covid-19

Sobat kicau mania, menjaga kebersihan kandang ternak maupun kandang harian burung kicauan sudah menjadi rutinitas bagi kicau mania. Biasanya hanya dikerok dan kotorannya dibuang, kali ini kita harus lebih berhati hati dan mewaspadai penyebaran virus corona maupun virus dan bakteri yang lain yang mungkin bisa ada bersama kotoran hewan. Sesuai anjuran dari pemerintah agar kita selalu menjaga kebersihan, maka admin yang sudah lama sekali tidak menulis ini turut berempati untuk sumbang sih memberikan saran agar proses membersihkan tepak tempat kotoran ternak dibersihkan juga dengan menggunakan sabun, boleh dengan sabun krim maupun dengan deterjen. 

Menurt drh. Hanif beberapa waktu yang lalu, untuk membersihkan kandang tanpa desinfektan yang paling mudah adalah dengan membersihkannya dengan menggunakan deterjen, karena kuman akan mati bila kena deterjen, sehingga sebaran kuman akan terbatasi, hewan ternak akan tetap sehat dan pemiliknya pun senantiasa tetap sehat. "ingat ada penyakit hewan yang sifatnya zoonosis, yaitu penyakit pada hewan  yang dapat menular pada manusia dengan berbagai perantaraan." ujarnya.

Lalu berapa hari sekali sangkar harus dibersihkan?

Pembersihan sangkar burung harian maupun sangkar ternak, sebaiknya dilakukan setiap hari di sore hari maupun dipagi hari, sehingga kesehatan burung akan terjaga. Selain menjaga kebersihan kandang, yang perlu dilakukan juga adalah menjaga kebersihan tempat makan dan minum burung, karena tempat makan dan minum yang bersih menjamin kesehatan burung itu sendiri, sehingga burung akan betah di kandang dan akan menjadi burung yang akan gacor. 

Bersama kita lawan covid-19, jaga kebersihan diri dan kebersihan kandang, selalu cuci tangan dengan sabun setelah membersihkan kandang, setelah memberi pakan. agar lebih aman lagi selalu gunakan masker pada saat beraktifitas di kandang ternak.

0 comments:

Post a Comment