Ads 468x60px

Wednesday, August 1, 2018

5 Burung Madu Kolibri Yang Dilindungi Peraturan Terbaru

Kolibri Leher Merah
Dengan dikeluarkannya peraturan terbaru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia tentang Tumbuhan dan Satwa yang dilindungi di tahun 2018 ini maka Lampiran PP No. 7 Tahun 1999 sudah tidak berlaku lagi. Ada beberapa satwa dan tumbuhan yang sebelumnya dilindungi menjadi tidak dilindungi demikian juga sebaliknya, yang sebelumnya dilindungi  menjadi tidak dilindungi. Yang perlu menjadi perhatian sobat Kicau Mania, Kissawa BC adalah adanya burung kicauan yang selama ini tidak dilindungi menjadi dilindungi, exp all of spesies cucak hijau, murai batu, burung madu (kolibri), elang, all of Cililin, all of cenderawasih adalah jenis burung yang dilindungi menurut peraturan terbaru.

Admin sangat menyayangkan Burung Penghisap Nectar Madu yang pada peraturan sebelumnya semua famili dari Nectariniidae dilindungi diubah hanya ada 5 jenis burung madu yang dilindungi dengan ciri khas dominan ada warna merahnya dari genus Aethopyga 4 ekor, Cinnyris 1 ekor. Kicau mania tentu saja patut khawatir akan rentannya burung kicauan yang membantu penyerbukan bunga ini kelak akan punah bila perburuan tidak dihentikan. #savekonin, #savekolibri

5 Burung Penghisap Madu (Kolibri) yang dilindungi berdasarkan peraturan terbaru itu adalah sebagai berikut :

No
Nama ilmiah
Nama umum

Nectariniidae




419
Aethopyga duyvenbodei
burung madu sangihe
420
Aethopyga mystacalis
burung madu jawa
421
Aethopyga siparaja
burung madu sepah-raja
422
Anthreptes rhodolaemus
burung madu leher-merah
423
Cinnyris buettikoferi
burung madu sumba

Foto/photo/gambar 5 Burung Penghisab Madu (KOLIBRI) yang dilindungi berdasarkan hasil pencarian kami di Google.







Lantas apakah burung madu (kolibri) dengan spesies yang lain dapat dengan bebas ditangkap dan diperjual belikan? oooh tentu saja tidak, karena setiap lalu lintas satwa dan tumbuhan liar hasil tangkapan (ambil dialam) harus terlebih dahulu dilaporkan ke pihak BKSDA dan KARANTINA. hal ini tentu saja bertujuan agar tidak terjadi perburuan secara besar besaran oleh para penghobi dan pemburu burung kicauan.

oh iya, kalian pada tahu kagak burung madu sumba itu berasal darimana? Sumba adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas wilayahnya 10.710 km² sebelah barat daya dari Flores, bahkan menurut MSN pulau sumba merupakan salah satu pulau terindah didunia versi majalah Focus terbitan negara jerman, Wallahu'alam bishowab...

Kita selaku rakyat Indonesia tentu saja patut bangga dan harus turut melestarikan semua jenis satwa dan tumbuhan yang luar biasa cantiknya itu sebagai bagian dari kekayaan alam yang harus kita syukuri. Untuk itulah tempat terbaik bagi satwa dilindungi ini adalah di habitatnya, namun karena pertumbuhan manusia yang terus meningkat sehingga habitat alam liar pun mulai tergerus dan terus berkurang setiap tahunnya, sehingga keberadaan habitat asli mereka pun sedikit demi sedikit terpinggirkan maka kehidupan satwa tersebut terancam.




0 comments:

Post a Comment