Ads 468x60px

Tuesday, February 3, 2015

Perawatan Burung Robin

Akhir akhir ini peredaran burung Robin kembali marak karena banyaknya peminat burung tersebut, padahal burung tersebut dengan harga yang fantastis, lihat harganya disini. Dengan banyaknya burung robin yang masuk Surabaya, untuk itulah kali ini saya ingin membagikan info tentang Cara Perawatan Burung Robin  sebagaimana penuturan para master burung robin terdahulu. 

Burung ini termasuk burung Omnivora mau memakan berbagai jenis makanan seperti Voer, serangga, buah-buahan, dan biji-bijian yang masih muda. Burung robin ini termasuk burung yg rakus (banyak makan & minum) jadi dalam pemeliharaannya kita harus hati-hati jangan sampai kehabisan pakan dan air minum di wadahnya. Suara Robin jantan sangat merdu dan rajin bunyi dengan nada ngerol dan nyerecret, sedangkan suuara Robin betina hanya satu jalur krik…krik…krik dan nyerecet. Suara ngerol burung Robin jantan biasanya digunakan untuk master burung Cucak Rawa. Sedangkan suara ceretan kasar + panjang burung Robin betina bagus buat master burung Murai batu, Anis Merah, cendet, Tledekan dan lain-lain. Adapun suara crecetan burung Robin Jantan memang tidak sepanjang crecetan burung Robin betina tetapi cukup lumayan juga buat master.

Perawatan Burung Robin
  • Mandikan burung dengan cara di semprot memakai sprayer secukupnya pagi & sore,selebihnya biarkan dia mandi sendiri di dalam cepuk mandi.
  • Lalu jemur sekitar 1 jam kemudian angin-anginkan,
  • Diusahakan ada burung lain yang rajin bunyi (kita bisa menggunakan semua jenis burung, tidak harus robin) karena burung Robin mempunyai kebiasaan suka menyahut jika ada burung lain yang bunyi. Khusus untuk burung yang mempunyai suara yang keras jangan diletakkan terlalu dekat dengan burung Robin,
  • Tingkatkan birahinya, dengan memberikan EF secukupnya (biasanya kita memakai komposisi pagi jangkrik 1 ekor dan ulat Hongkong 4 ekor, lalu sore harinya di berikan lagi Ulat Hongkong 5 ekor),
  • Berikan pula buah pisang atau pepaya
  • Dengan perawatan yang teratur burung akan menjadi rajin berkicau, mulai dari memandikan, menjemur dan memberi EF yang cukup.

ini adalah perawatan sederhana yang Kissawa ketahui dalam merawat burung Robin, barangkali ada rekan-rekan memiliki tips yang lebih detail bisa menyampaikan lewat kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya. semoga artikel Perawatan Burung Robin ini bermanfaat untuk rekan rekan newbie.
 

0 comments:

Post a Comment