Ads 468x60px

Thursday, November 13, 2014

Contoh Sangkar Untuk Ternak Burung Prenjak

Penangkaran Burung bisa menjadi hobi yang menghasilkan bahkan bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan, apalagi burung-burung hasil ternakan  memiliki kualitas yang lebih bagus daripada burung liar yang dijinakkan. Untuk menggugah selera pecinta burung prenjak dalam berternak, kali ini saya ingin memberikan Contoh Sangkar Untuk Ternak Burung Prenjak sebagaimana hasil sharing dari teman teman di FB group ciblek/prenjak mania.

Menduplikasi model sangkar untuk ternak burung kacer, burung cucak ijo, burung murai, burung cucak rowo, maka kita pun bisa melakukan ternak burung prenjak dengan menempatkan burung pada sangkar aviari (sangkar berukuran besar). Kemudian di dalam sangkar besar itu berikan sangkar kecil atau sangkarr harian sebagai tempat untuk menaruh makanan bahkan tempat untuk menaruh bahan sarang untuk bertelur burung.

Di dalam sangkar besar tadi, pastikan ada pepohonan perdu, bunga, atau pohon anggur agar burung bisa bermain dengan riang disana, namun untuk makanan sebaiknya jangan dipindah-pindah tempatnya yaitu di dalam sangkar harian yang ditaruh di dalam sangkar aviari. Pintu sangkar harian harus selalu terbuka atau di tiadakan agar burung lebih mudah untuk keluar  masuk, mengambil  makanan di dalam wadah yang kita sediakan kemudian burung bermain ditaman yang kita sediakan juga.

Ternaklah burung prenjak yang telah jinak, paling tidak sudah tidak takut dengan manusia lagi, agar lebih mudah dalam perawatan dan perlakuan dalam penangkaran.

Setiap hari jangan lewatkan pemberian UK dan kroto agar burung merasa senang dan cepat dalam memproduksi telur. Syarat lain yang perlu diperhatikan adalah, sangkar tersebut berada dilingkungan yang sepi, yaitu dibelakang rumah yang tidak dilalui kendaraan dan lalu lalang orang. selain itu usahakan sinar matahari bisa masuk ke dalam sangkar tadi.

inilah beberapa potret sangkar, sarang dan burung prenjak yang diternak oleh om boss otto di Lebo, Tulangan, Sidoarjo :




Contoh Sarang Prenjak untuk diternak....




Gambar bersumber dari galeri foto-foto di FB - ciblek/prenjak mania.

0 comments:

Post a Comment