Ads 468x60px

Tuesday, April 22, 2014

Solusi atau Cara Merawat Cucak Ijo Macet

Suatu ketika seorang rekan bertanya disini tentang cara merawat Cucak Ijo-nya yang macet karena burung kalah saat dilombakan kemudian sangkarnya jatuh saat mau digantungkan. dalam hati berkata malang nian nasib si burung, akhirnya dalam seminggu burung  menjadi stress, hanya diam dan tak berkicau alias macet bunyi. Kemudian datanglah sahabat cucak ijo mania lainnya di lapangan Kissawa dan memberikan tips biar burungnya lekas pulih dan kembali rajin berkicau.



Penyebab burung macet telah diketahui, adapun cara merawatnya adalah dengan cara burung di asingkan, untuk sementara waktu burung jangan diperlihatkan burung lain apalagi burung sejenis. ini merupakan terapi agar stamina burung kembali pulih, kepercayaan diri burung juga pulih, selain itu burung juga perlu dirawat sebagai berikut :
  • Burung setiap pagi di embunkan, yaitu burung dikeluarkan dari rumah di tempatkan ditempat terbuka sejak pukul 5 pagi sampai matahari terbit.
  • Kemudian pukul 8 pagi burung kembali dimasukkan rumah tanpa dikerodong
  • Berikan jangkrik 5 pagi dan 5 sore.
  • Kroto dapat diberikan dua hari sekali
  • Siang hari burung jangan dikerodong, kerodong hanya dilakukan pada waktu malam hari
  • Dekatkan burung dengan aquarium atau suara gemericik air lainnya, agar burung merasa nyaman seakan burung berada di alamnya. Suara gemericik air terbukti sangat baik memberikan terapi dan burung menjadi lebih rajin berkicau, terapi ini juga berlaku untuk burung Murai, Teledekan dan Kacer.
  • Malam hari atau sebelum menjelang magrib burung sebaiknya di kerodong agat burung punya waktu istirahat yang cukup, sambil diterapi suara air dan terapi suara jangkrik.

Itulah solusi atau Cara Merawat Cucak Ijo Macet agar cepat berkicau dan gacor seperti sedia kala bahkan lebih baik dari sebelumnya. Pemasteran dapat kembali dilakukan setelah burung mulai berkicau, teknik pemasteran yang tepat menjadikan burung mampu merekam dengan baik sehingga kicauannya menjadi lebih variatif.

0 comments:

Post a Comment