Ads 468x60px

Friday, March 14, 2014

Cendet Bunyi Toet Toet Sambil Buka Sayap, ini Solusinya

Tidak seperti biasanya Cendet Ki Somad pagi ini lagi nggak stabil, begitu buka kerodong kelabakan terbang grabakan nggak karuan tapi nggak nabrak ruji, begitu di gantung di teras bukannya nyanyi dan bongkar isian seperti biasanya, tapi malah cuma bunyi toet-toet, ngek-ngek nggak berhenti-berhenti. Saya tidak tahu kenapa dengan cendet ini, sangat mungkin ini adalah tanda-tanda burung cendet over b'rahi atau sering disingkat dengan OB. 

Karena saya juga masih dalam tahap belajar akhirnya percobaan dilakukan dengan menurunkan cendet dari gantungan, kemudian ambil wadah pakan, dan penampung kotorannya, ambil semprotan octagon dengan botol big 3l, mulailah burung saya semprot sampai basah kuyub atau sampai keliatan puas, yang ditandai burung sudah tidak lagi banyak tingkah dan diam sambil buka sayap saat dimandikan.

Selesai mandi, air minum diganti air mineral yang baru, makanan kembali dimasukkan, kemudian dikasih jangkrik 3 ekor, UK 1 sendok, wadah kotoran yang udah dibersihkan kembali dipasang dan burung siap untuk dijemur lagi.

Kali ini penjemuran tidak lagi diteras, tapi saya pindah ke lapangan Volly di depan rumah, pagi itu masih jam 7.05 WIB. dari pantauan saya, burung yang masih dalam kondisi bulu basah kuyub langsung buka isian... di dekati malah berdiri tegak tolah toleh sambil menyanyikan lagu Lovebird, Gereja Tarung, Sogok Ontong, Kutilang ngekek, sesekali tengkek buto.

Dengan catatan diatas, akhirnya saya simpulkan bila burung ki Somad ternyata tidak menghendaki mandi setiap hari, artinya mandi hanya seperlunya bila tubuh terasa panas dengan tanda-tanda bunyi toet toet sambil buka sayap, entah itu karena OB atau karena kepanasan, yang jelas karakter Cendet Ki Somad begitu selesai dimandikan dan di taruh lapangan langsung ngoceh, maaf bukan lapangan lomba lho yaa..

Apakah anda juga memiliki cendet dengan masalah seperti diatas, jika IYA maka anda bisa mencoba pengalaman singkat pagi ini dari saya, anggota Kissawa Bird Lover, pecinta burung di perbatasan kecamatan Dukuh Pakis dan Kecamatan Sawahan - Surabaya.

0 comments:

Post a Comment