Ads 468x60px

Monday, March 24, 2014

Cara Mengatasi MB Murai Batu Yang Mencabuti Bulu

MB bertingkah Cabut Bulu? tentu ini pernah anda dengar atau pernah alami sendiri, jika benar ini anda alami pada Murai Batu kesayangan anda maka kita bisa mengatasi dengan beberapa langkah seperti yang akan saya bagikan disini berdasarkan kutipan Km Kissawa dari pakar Murai Batu asal Aceh yaitu Om Herry. Karena bila keterusan dan tidak ditangani secepatnya maka burung akan menjadi brondol dan burung menjadi tidak indah, bulu bagi burung adalah pakaian dan mahkota untuk itu sangat perlu kita jaga keindahannya.


MB Mencabuti Bulu Dada

Faktor atau penyebab MB Cabut bulu adalah karena kurangnya kebersihan kandang dan juga udara yang lembab. Kandang yang kurang bersih adalah media yang sangat baik bagi proses pertumbuhan dan perkembangbiakan jamur/bakteri yang bisa menyebabkan MB mencabuti bulunya.

Udara lembab  seperti yang pernah di alami om herry, juga merupakan faktor pemicu yang bisa menimbulkan jamur/bakteri bisa dengan mudah berkembang biak di dalam sangkar.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah :
  1. Jagalah kebersihan sangkar, keramba mandi, tempat pakan dan minumnya.
  2. Rajinlah untuk menjemur MB dan juga sangkarnya di pagi hari, sebab sinar ultra violet di pagi hari diyakini bisa membunuh kuman, jamur dan bakteri yang ada pada tubuh MB dan juga yang ada pada sangkar.
  3. Jika jamur telah menyerang MB anda, jangan dimandikan dulu selama beberapa hari (4-6 hari).
  4. Pada masa itu, tangkap MB dan oles/gosokan secara perlahan kunyit yang sudah dikupas kulitnya pada bagian tubuh MB yang bulunya sudah dicabuti.
  5. Lakukan hal ini selama 4-6 hari hingga gejala pencabutan bulu tidak lagi terlihat.
  6. Jika berhasil, maka proses perawatan bisa dilakukan seperti sedia kala.
  7. Hindari penggunaan keramba mandi secara bersama, sebab jamur/bakteri ini bisa menular melalui media air.
  8. Agar kandang bebas hama dan penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri atau tungau maka satu bulan sekali saat burung di keramba ada baiknya di semprot dengan cairan anti septic, terutama untuk bagian bawah sangkar tempat banyak sisa makanan dan kotoran nylempit.
  MB Mencabuti Bulu Ekor dan Sayap

  • Jika Murai batu bertingkah mencabuti bulu ekor atau bulu sayap menurut pakar Murai tersebut diatas, disebabkan burung mengalami OB (Overbrahi). sehingga penanganan burung yang bertingkah seperti ini jelas berbeda dengan MB yang mencabuti bulu dada.
  • Beberapa sumber yang dapat dipercaya mengatakan, bila burung MB mengalami OB maka upaya yang perlu kita lakukan adalah menurunkan B'rahinya yaitu dengan cara mengurangi EF (extra fooding) dan diseringkan mandi, bila biasanya mandi sehari sekali maka mandi bisa ditingkatkan menjadi 2 atau 3 kali sehari.
     
Itulah beberapa tips cara mengatasi atau merawat burung MB Murai Batu yang suka mencabuti bulunya sendiri yang dapat KM Kissawa bagikan untuk anda pecinta burung murai batu ekor panjang.
 

0 comments:

Post a Comment