Ads 468x60px

Wednesday, December 18, 2013

Jenis Jenis Prenjak Terlaris dan Populer

Burung Prenjak adalah burung mungil yang sering kita temui disekeliling rumah kita, di pepohonan, semak semak, di area persawahan atau area perkebunan tebu. Meskipun memiliki tubuh yang kecil namun memiliki suara kicauan yang nyaring, yang dapat kita dengarkan dari radius puluhan meter. di Era 90-an burung mungil nan lincah ini tidak begitu diperhatikan oleh kicau mania, sehingga saat itu populasinya masih begitu banyak yang bisa kita temui hampir di semua wilayah.

Indonesia yang memiliki keaneka ragaman hayati merupakan surga bagi kicau mania karena dapat menyalurkan hobi memelihara aneka jenis burung, termasuk dalam hal ini adalah memelihara aneka jenis burung prenjak yang notabene disebutkan oleh berbagai kalangan sangat sulit untuk dipelihara karena memiliki tubuh yang kecil sehingga rentan jatuh sakit dan akhirnya tewas dalam perawatan.

Dalam upaya menghindari kepunahan maka selaku kicau mania ada baiknya mempertimbangkan mengkembangbiakkan burung ini dengan sangat hati-hati dan sabar, karena amat sangat disayangkan bila burung mungil yang kicauannya ada yang diyakini sebagai tanda akan adanya keberkahan bagi pendengarnya atau akan adanya tamu istimewa yang datang kerumah (prenjak kebun/prenjak merah). Namun bila tidak mungkin melakukan penangkaran ada baiknya membiarkan burung ini tetap hidup bebas di alam liar dan kita masih akan terus bisa mendengarkannya hingga anak cucu kita kelak.

Inilah Jenis Jenis Prenjak Terlaris dan Populer yang kita kenal di pasaran secara umum maupun yang populer dikalangan pecinta burung :

Prenjak Kebun
Burung Prenjak ini memang kerap kita temukan di sekitar kebun pekarangan rumah sehingga burung ini disebutlah Prenjak Kebun. Memiliki ukuran tubuh paling kecil diantara golongan burung prenjak, namun burung ini sangat lincah dan sangat jarang berhenti diam tak bergerak di dahan atau ranting. Kicauan berisik burung ini di sekeliling rumah dipercaya sebagai tanda akan adanya tamu agung yang membawa rejeki bagi pemilik rumah.

Prenjak Sawah
Prenjak Sawah yaitu burung prenjak yang sangat sering kita temui di habitat sawah dan padang rumput, ada juga yang menyebut burung ini adalah burung Prenjak pari. Kicauannya sangat khas yaitu klik klik klik... yang dapat dinyanyikan dalam durasi yang lama. Ciri fisiknya adalah memiliki ekor yang panjang hampir sejengkal yang sering dibawah atau digelantungkan. Memiliki bulu dada yang putih bersih dan bentuk fisik yang langsing.



Prenjak Tebu
Prenjak Tebu yaitu burung prenjak yang habitatnya di sekitar perkebunan tebu atau jagung, burung ini juga sangat mirip dengan burung Prenjak Sawah namun dapat kita bedakan dari warna bulu dadanya yang dominan putih kekuningan dengan fisik yang lebih besar dan lebih panjang. Kicauannya lebih engkel dan ngebass dibanding Prenjak Sawah. ada juga yang menyebutkan Prenjak ini adalah prenjak cokelat karena warna bulunya dominan warna cokelat kekuningan.

Prenjak Putih
Burung ini habitatnya di padang rumput juga di area persawahan memiliki bulu yang dominan berwarna abu-abu berkombinasi dengan warna putih, untuk yang berkelamin jantan memiliki kalung berwarna hitam dengan dada yang putih, Ekornya yang panjang bila bertemu prenjak jantan lainnya dengan gaya bertarung akan diangkat sambil di pukul pukulkan hampir menyerupai burung merak sambil digenjot-genjotkan kakinya. 



Prenjak Gunung
Burung ini adalah jenis burung prenjak yang paling digemari diantara kicau mania karena memiliki kicauan yang engkel, volume besar dan memiliki variasi yang lebih lengkap. Fisik burung Prenjak Gunung lebih besar dan panjang diantara sekian banyak jenis burung prenjak. Bulu bulunya berwarna cokelat kekuningan yang bervariasi dengan warna belang belang di kepala hingga leher. Habitat burung ini hanya ditemui daerah pegunungan, untuk itulah burung ini disebut sebagai prenjak Gunung.

Itulah jenis jenis burung prenjak yang populer dan begitu laris dipasaran, sehingga jenis burung yang kami sebutkan diatas saat ini mendekati kepunahan karena kerap sekali di buru oleh pemburu atau pemikat burung berkicau jenis prenjak. di pasaran burung-burung itu sangatlah laris yang dijual mulai harga 20rb s.d. 125rb untuk burung bakalan atau muda tangkapan hutan. Sedangkan untuk yang telah rajin berkicau harganya tak terhingga tergantung kualitasnya.

KM-Kissawa memantau harga harga burung Prenjak seperti yang kami sebutkan diatas terus meroket, diantaranya adalah jenis burung prenjak putih yang gaya bertarung dan nembaknya sangat disukai kicau mania.

0 comments:

Post a Comment