Ads 468x60px

Tuesday, August 19, 2014

Kandang Umbaran, Tujuan dan Manfaatnya Bagi Burung

Kandang Umbaran? tentu saja anda pernah mendengar hal itu bukan? Kissawa menyebutnya kandang karena sangkar burung ini dibuat dalam bentuk yang besar. Adapun mereka yang kerap menggunakan sangkar jenis ini adalah mereka yang benar-benar menyukai burung untuk tujuan lomba dan perawatan yang intensif agar burung semakin rajin berkicau. Berbagai tujuan dan manfaatnya akan Kissawa ungkap pada tulisan kali ini,  simak yeee....

Contoh Kandang Umbaran





Kandang Umbaran untuk burung ini bisa dibuat dari serangkaian potongan kandang yang di desain dengan model knock down, sehingga kandang bisa dibongkar dan dipasang sewaktu waktu. Untuk yang memiliki area/lahan yang luas mungkin tidak masalah memiliki sangkar umbaran permanen, tapi bagi yang memiliki lahan sempit tentu saja ini menjadi problema, untuk itu dibuatlah Kandang Umbaran Knock down untuk memudahkan dalam penyimpanan.

Tujuan Mengumbar
Burung dimasukkan dalam sangkar umbaran dengan tujuan agar burung menjadi lebih sehat karena bisa terbang kesana kemari dengan leluasa karena berada dalam sangkar yang besar, dengan terbang dalam jarak yang agak jauh tentu saja sistem pernafasan burung menjadi lebih terbuka dan kuat. Sayap yang dikepakkan dengan kuat akan memperkuat otot-otot tubuhnya. 

Manfaat Mengumbar
Manfaat yang bisa diraih dari mengumbar burung adalah mendapatkan burung yang sehat dan rajin berkicau, burung menjadi lebih singset dan langsing karena lemak di dalam tubuhnya akan terkuras dengan sering dan giat berolahraga.
Kandang Umbaran juga punya manfaat untuk terapi agar burung merasa lebih bebas dan tidak jenuh dalam sangkar harian.

Cara Menggunakan Kandang Umbara
  • Kandang diletakkan ditempat terbuka agar terterpa sinar matahari, baiknya dilakukan di pagi hari setelah burung dimandikan.
  • Burung yang dimasukkan tentunya adalah burung  yang telah jinak, sehingga akan lebih mudah dalam memasukkan dan mengambil kembali.
  • Burung dilepaskan dengan cara membuka pintu sangkar harian yang dihadapkan dengan kandang umbaran yang terbuka juga, usir burung dari sangkar harian atau pancing dengan makanan agar burung mau masuk kandang umbaran.
  • Di dalam sangkar umbaran berikan air minum dan bak air buat mandi, selain itu berikan juga bak berisi pasir agar burung bisa bermain dengan pasir tersebut yang disebut dengan mandi pasir.
  • Selama di umbar burung tidak usah diberi makanan, tapi harus terus di tungguin karena mengumbar hanya butuh waktu 2-3 jam.
  • Berikan tempat tenggeran pada masing-masing sudut agar burung bisa terbang ke kanan dan ke kiri. 
  • Pada awal di tenggar sangat mungkin burung bingung dan tak mau terbang, beberapa kenari mania juga menerapkan terapi usir agar burung mau terbang, yaitu dengan memukul kendang dari satu bagian dan pindah ke bagian lain secara bergantian.
  • Lamanya pengumbaran tergantung kebiasaan, untuk burung Murai Batu ada juga kicau mania yang mengumbar seharian selama 5 hari dari hari senin s.d. kamis tapi di malam hari burung tetap dimasukkan di sangkar harian dan pada hari sabtu dipersiapkan untuk mengikuti lomba. Untuk cara ini tentu saja dalam kandang umbaran juga harus disediakan makanan yang cukup agar burung tetap fit untuk terbang dan berkicau.
  • Setelah waktu pengumbaran selesai, siapkan sangkar harian yang telah diberi EF cukup, buka pintu kedua sangkar dan buat saling berhadapan, pancing burung dengan jangkrik agar mau pindah ke sangkar harian, bila tidak mau pindah usir burung dengan memukul sangkar menggunakan kain, setelah burung masuk ke dalam sangkar harian barulah pintu di tutup dan burung siap untuk disimpan, namun jangan buru-buru dikerodong, biarkan burung angin-anginkan sekitar 30 menit.

Selamat mencoba...


 


0 comments:

Post a Comment