Ads 468x60px

Friday, March 7, 2014

Contoh Sangkar Jati Ukir Soloan

Sangkar Jati dari daerah Solo dan Yogjakarta memang tergolong unik karena sangkar disana banyak yang diukir dan plitur sehingga nilai elegance kayu jati semakin tampak. Semakin tua kayu jatinya semakin baik pula serat yang dihasilkan sehingga sangkar akan tampak lebih baik lagi. Model sangkar disana pun beragam, mulai segi empat bahkan ada yang segi delapan. Adapun bagian yang diukir adalah bagiah mahkota, pintu masuk, blabak bawah, blabak atas dan rangkanya.

Saat ini dan sejak zaman dulu warna khas kayu jati cokelat tua dan coklat adalah yang paling favorite, meskiipun ada sangkar yang ukirannya di cat warna warni sesuai bentuk ukiran. Adapun bahan ruji yang digunakan umumnya adalah dari bahan kulitan bambu yang sudah tua, sehingga rujinya bakal tahan lebih lama, apalagi bila di lapirsi dengan pernis atau plitur.

Sangkar Jati Ukir Soloan terkenal di daerah Solo juga daerah lainnya, di blok tengah pemain burung banyak yang menggunakan sangkar model seperti ini, sedangkan untuk daerah Jatim lebih banyak yang menggunakan sangkar model minimalis. semua terserah anda sobat...

Inilah, salah satu contoh Sangkar Jati Ukir Soloan ukuran 35x35x70cm

img from FB Harry



Itulah salah satu contoh sangkar jati ukiran solo yang dibagikan kerabat Harry di Facebook untuk bursa sangkar dan burung surabaya. Apakah anda menyukainya? kalau iya silahkan berburu sangkar unik jati ukir di Solo.



0 comments:

Post a Comment