Ads 468x60px

Sunday, March 16, 2014

Cara Merawat Kacer Bakalan Muda Hutan

Sejak bulan Februari yang lalu di PB. Kupang sudah banyak bakalan muda hutan burung kacer, maka pecinta burung kacer bisa segera memiliki burung idolanya dengan membeli disana dengan harga mulai Rp. 350rb. Bagi yang masih belajar merawat burung kacer tentu saja akan bertanya-tanya cara terbaik merawat burung bakalan muda hutan yang baru dibelinya dipasar. Kali ini saya menganggap anda sudah memiliki banyak ilmu cara memilih bakalan ombyokan yang tepat.

Setelah sampai di rumah burung kacer muda hutan dimasukkan sangkar harian dengan kerodong dibuka separo siang harinya, sedangkan dimalam hari bisa di kerodong full. makanan yang harus tersedia saat pertama kali datang hingga satu minggu adalah UK dan kroto. Berikan UK yang dicampur dengan Voer dan kroto full dalam satu wadah lainnya. jangan lupa berikan air minum yang bersih.

Pada hari pertama biarkan burung mengkonsumsi makanan tersebut hingga sore, ketika mau di kerodong sore, sebaiknya burung diberi 1 ekor jangkrik dengan kaki-kaki yang dibuang terlebih dahulu. kemudian burung kembali dikerodong dan digantung didalam rumah. 

Agar burung lekas beradaptasi dengan lingkungan baru dengan banyak orang, maka sebaiknya burung di gantung disekitar banyak orang dengan banyak aktivitas, misalnya kalau siang hari digantung di teras, sedangkan di malam hari bisa digantung di dalam rumah, di ruang tamu atau digarasi.

Karena burung kacer memiliki kemampuan adaptasi yang baik maka burung akan segera beradaptasi dengan lingkungannya. Bila burung tampak gerabakan dan nabrak ruji sangkar, ada baiknya sangkar di tutup koran 3/4 nya, tapi bila burung tidak  nabrak kurungan maka biarkan saja cukup dengan kerodong separo bagian atasnya. 

Selama 1 minggu pertama sebaiknya burung tidak dimandikan dan tidak di jemur, cukuplah diberi makan hinggga puas, jangkrik cukup 1 ekor di pagi hari dan 1 ekor di sore hari. disiang hari biarkan burung mengkonsumsi UK dan kroto.

Setelah melewati masa 1 minggu pra perawatan, maka kita menganggap burung telah melalui masa-masa kritis, sehingga di minggu berikutnya bisa menerapkan perawatan lanjutan yaitu dengan memandikan burung kacer, sebaiknya burung kacer dimandikan dengan cara dimasukkan ke dalam bak mandi, buka pintu sangkar bersamaan dan biarkan burung terbiasa mandi sendiri dipagi hari di dalam keramba mandi yang telah disediakan. jika tak mau mandi, sebelum mandi berikan Jangkrik 1 ekor.

Sukses seminggu pertama maka anda sukses melalui tahapan pertama perawatan burung bakalan, selanjutnya anda bisa mempelajari Cara Mengajari Kacer Bakalan Makan Voer hanya di Kissawa Bird Lover

1 comments:

Anonymous said...

makasih atas infonya ,,,, mg2 brmmfaat ....tuk kita smua?.....

Post a Comment