Ads 468x60px

Wednesday, February 19, 2014

Ciri Ciri Burung Cendet Jantan dan Prilakunya

Diyakini oleh banyak kicau mania bila burung cendet yang rajin berkicau adalah burung yang berkelamin jantan, meskipun burung cendet betina juga mau berkicau dengan variasi lagu yang kurang bervariasi. Bagi Cendeters kawakan untuk mengetahui burung cendet jantan tidaklah sulit karena pengalaman akan berkata untuk mengetahui Ciri-Ciri Cendet Jantan. Sedangkan untuk pemula mungkin akan mengalami hambatan atau bingung bila harus memilih bakalan maupun burung ombyokan dipasar.

Khusus bagi yang masih pemula, kali ini saya akan berbagi catatan tentang Ciri Ciri Cendet Jantan berdasarkan pengalaman saya memelihara burung cendet dalam 4 tahun belakang di Kissawa Bird Community yang bermarkas di tapal batas kecamatan Pakis dan kecamatan sawahan - Kota Surabaya. untuk yang sudah senior harap menyingkir, atau melanjutkan dan mengkoreksi bila ada yang kurang tepat.

Ciri Ciri Fisik Cendet Jantan :
  • Alis mata berwarna hitam pekat yang tajam bahkan ada yang hitamnya tembus menutupi seluruh bagian kepala yang disebut dengan mblangkon, ngupluk atau gondrong.
  • Bila dilihat dari depan tampak kepala berbentuk cepak
  • Paruh atas melengkung kebawah seperti paruh betet, sedangkan paruh bawah lurus.
  • Sedangkan dari prilaku, biasanya burung cendet jantan lebih agresif, lebih rakus makannya, dan berdiri diantara burung cendet lainnya akan tampak lebih gagah dan tegap.
  • Untuk burung yang masih anakan, atau lolohan burung cendet jantan biasanya berprilaku lebih aktif, makan paling banyak dan berteriak paling kencang, berdiri paling tinggi dan melompat paling jauh diantara sekumpulan Cendet anakan lolohan.

Bagi pemula yang ingin mempelajari seluk beluk burung cendet dapat memelihara burung dari usia muda, baik itu yang lolohan maupun yang sudah trotol dan sudah mau makan sendiri. Itulah Ciri Ciri Burung Cendet jantan yang dapat saya bagikan di Km Kissawa, semoga bermanfaat untuk cendeters pemula.



0 comments:

Post a Comment