Ads 468x60px

Sunday, February 23, 2014

Cara Mengajari Cendet Bakalan Liar Makan Voer

Bagi Burung Cendet, Voer merupakan pakan selingan bila burung merasa lapar, sedangkan makanan utama bagi burung cendet adalah serangga. Sehingga bila di suruh memilih antara Voer dan Serangga maka burung akan lebih suka memilih makan Serangga. Namun karena burung dipelihara dan dirawat dalam sangkar dengan ketersediaan Serangga sangat terbatas maka Burung Cendet harus makan voer. Lalu bagaimana cara mengajari cendet bakalan liar agar mau makan voer? Berikut ini saya ingin berbagi catatan ringan yang mungkin bisa Cendeter Junior gunakan.

Setelah burung bakalan liar melalui satu tahapan awal yang aman, yaitu seminggu pertama dengan menggunakan Cara Merawat Burung Cendet Bakalan Liar seperti yang telah saya sampaikan dalam artikel sebelumnya, kali ini kita akan mengupayakan agar burung sesegera mungkin mau makan voer.

Metode I, dengan Ulat Kandang

Burung bakalan liar yang diberi pakan berupa campuran Ulat Kandang (UK) dengan Voer dalam waktu yang tak terbatas dan tak tentu tergantung kemampuan burung dalam beradaptasi, akan mampu dan mau makan voer. Adapun cara untuk mempercepatnya adalah mengkombinasikan pemberian jangkrik yang dikurangi hingga  1 ekor di pagi hari setelah mandi dan 2 ekor di sore hari. Kemudian Voer di beri UK dalam jumlah yang sangat sedikit, sehingga bila burung lapar akan berusaha mencari pakan alternatif berupa Voer.

Selama proses adaptasi, dan mengurangi jumlah UK dari takaran biasanya anda harus memperhatikan kondisi burung, jangan sampai lemas dan akhirnya tewas. Sore hari sebelum tidur pastikan memberi jangkrik agar burung mampu melalui malam yang gelap. 
Menurut pengalaman saya, metode I ini membutuhkan waktu lebih lama untuk burung cendet mau makan voer.

Metode II, dengan kroto
  1. Hari ke-1 Beri kroto full dalam satu cepuk, sampai dihabiskan oleh burung di pagi hari
  2. Hari ke-2 beri kroto dalam jumlah yang dikurangi kemudian campurkan dengan Voer yang lebih dulu dibasahi.
  3. Hari Ke-3 beri kroto dalam jumlah yang lebih dikurangi lagi dan tetap dicampur dengan voer yang dibasahi.
  4. Perhatikan, bila kotoran yang dihasilkan telah berwarna voer dan tampak kotoran hasil makan voer maka di  hari berikutnya kroto tetap dicampurkan dengan voer dengan pemberian air atau pembasahan yang dikurangi agar burung semakin lama semakin mau makan Voer kering.
  5. Selama menggunakan metode ini, jangkrik boleh tetap diberikan dipagi hari, dalam jumlah yang sedikit yaitu 1 ekor saja, agar lebih jinak burung boleh disuapin.
  6. Dengan metode ini, burung cendet bakalan sudah mau makan voer selama +/- satu minggu.

Kepada cendeters junior silahkan menggunakan salah satu cara yang kami sampaikan diatas, semoga berhasil sehingga burung yang anda beli dari pasar tidak sia sia.


2 comments:

Unknown said...

klo cendet liar yg udah dewasa gmn om?

Unknown said...

Klo anak cendet d kasih bubur SUN bisa gak om?

Post a Comment