Ads 468x60px

Friday, October 23, 2015

Waktu Ideal Memandikan Burung Kicauan

Burung Kicauan | Burung Hias | Burung Perias merupakan burung yang memiliki keindahan warna bulu maupun kicauannya, untuk menjaga kesehatan dan agar senantiasa merasa segar, burung-burung setiap hari akan melakukan ritual mandi pagi, ada burung yang mandinya bermain di kubangan air ada pula burung yang lebih suka mandi dengan butiran embun yang menempel di daun-daun yang lebar. Setelah membasahi tubuhnya dengan air embun itu, kemudian burung-burung akan berias, menyisir bulunya dengan paruhnya, berjemur sambil mengibaskan bulunya yang basah.

Menikmati tingkah laku dan kebiasaan burung ini adalah sesuatu yang sangat mengasyikkan, biasanya Kissawa menyaksikan ritual mandi burung ini setiap pagi antara pukul 6.30 s.d. 7.00, setiap waktu itu saya lihat burung-burung sudah pada berias, sehingga saya menduga burung-burung akan mulai bermain air embun diatas pukul 6.00 hingga 7.30 kemudian berjemur. Adapun lokasi pemantauan adalah, Hutan dibelakang Kantor Plaza Telkom - Tanjung Uban.

Namun demikian saya meyakini ada beberapa burung yang hidup disekitar rawa dan mudah dalam mendapatkan air akan mandi dengan durasi yang lebih sering, bahkan beberapa burung kerap sekali bermain dengan air unttuk mencari makan atau sekedar menyejukkan badan.

Bagaimanakah hasil pengamatan anda tentang kebiasaan burung disekitar anda?

Dengan mengetahui kebiasaan mandi burung ini maka kita pun dapat mengaplikasikannya dalam perawatan terhadap burung tersebut sehari-hari. Sehingga burung akan lebih cepat berkicau dan merasa nyaman dalam perawatan kita. Karena selain diberi makan yang cukup, agar burung mau berkicau juga harus dikondisikan dalam suasana yang nyaman.

Demikianlah ulasan dan catatan kami tentang waktu ideal memandikan burung berkicau

0 comments:

Post a Comment