Ads 468x60px

Monday, January 26, 2015

Tips Merawat Burung Prenjak Putih

Sorry Broo... di awal januari 2015 ini saya jarang online karena sedang sibuk ngurusi pekerjaan offline yang insya Allah akan menemukan titik terang dalam 1 bulan ke depan. Di akhir bulan ini dengan semangat 2015 saya ingin membagikan tips segar tentang Cara Merawat Burung Prenjak Putih. Burung ini ditempat lain memiliki nama lain ada yang menyingkatnya dengan nama Ci-Put (Ciblek Putih), meskipun burung ini seutuhnya tidak berbulu putih, namun pada umumnya dada mereka berbulu putih, ada yang bercampur kekuningan ada pula yang putih bersih seperti kapas.

Warna putih pada bulu dada sangat dipengaruhi oleh usia, asal daerah dan makanannya. Namun di surabaya sudah pada yakin bahwa burung prenjak putih yang dadanya putih bersih merupakan burung prenjak yang berasal dari Tasikmalaya - Jawa Barat. Apakah hal benar adanya? saya pun tidak begitu yakin.

Sobat Kissawa, diantara kita mungkin sudah banyak yang menjadi senior dalam merawat burung prenjak, adapun tulisan berikut ini adalah serangkaian kata untuk anda yang belum memiliki pengalaman dalam merawat burung prenjak.

Tips Merawat Prenjak Putih :
  • Burung yang masih bakalan karena memang baru dibeli dari pasar maupun hasil tangkapan hutan, sebaiknya hanya diberi makanan UK dan minuman yang bersih, selain itu sangkarnya sebaiknya kondisi tertutup koran atau kerodong 70 persen. 
  • Burung bakalan sebaiknya tidak dipertemukan dengan burung predator, seperti Cendet.
  • Setelah seminggu dalam perawatan dan burung sudah lahap makan, maka burung sudah dapat dimandikan. Mandikan dengan cara disemprot, dengan semprotan yang sangat halus.
  • Mulailah diatur setelan pakannya, dengan memberi kroto 2 hari sekali, sekali pemberian berikan kroto 1 sendok makan. 
  • Setelah mandi burung dijemur sekitar 1 jam, setelah kering burung sebaiknya di teduhkan dan diberi UK, mengapa diteduhkan? hal ini untuk menghindari kematian pada UK.
  • Lakukan pemandian setiap hari setelah 7 hari, setelah mandi berikan kroto atau UK seperti porsi diatas.
  • Burung  kecil ini bisa dikerodong bisa juga tidak.
  • Lakukan perawatan secara rutin, asalkan mendapatkan makanan yang cukup, dalam waktu 1bulan burung biasanya akan mulai berkicau.

Dalam merawat burung prenjak hal yang sangat penting adalah selalu memberi makanan yang disukainya, adapun yang disukainya adalah Ulat Kandang (UK) dimana di daerah lain ada yang menyebutnya ini adalah ulat balap.

Dengan ini, kita sudah mengerti bagaimana cara merawat burung prenjak putih agar rajin berkicau, sehingga akan memudahkan kita untuk langkah selanjutnya, yaitu membut burung prenjak mau makan voer.

0 comments:

Post a Comment