Ads 468x60px

Tuesday, January 13, 2015

Makanan Burung Kolibri

Kita telah mengenal burung kolibri sebagai burung penghisab nektar bunga, maka dialam liar makanan utama burung ini adalah nektar bunga yang banyak dijumpai diberbagai jenis pohon atau tanaman berbunga. Nektar bunga itu rasanya manis, maka bila kita memelihara burung ini, kita pun bisa memberikan makanan yang rasanya manis agar burung ini senang untuk menghisabnya.

Dalam kenyataannya, burung kolibri yang telah dipelihara dalam waktu yang lama ternyata juga bisa diberi makanan seperti kroto atau UK karena di habitatnya burung ini juga mau memakan semut atau sekedar mengusirnya bila serangga itu hinggap disekitar bunga yang akan di hisap nektarnya.

Sesuari dengan tema yang akan kita bahas maka berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat kita bahas satu per satu :

Nektar Gula
Anda bisa membuat makanan burung penghisab madu dari bahan gula dan air matang, air gula ini bisa disimpan dalam botol dan bisa anda berikan ketika telah dingin. Sebaiknya air gula diganti setiap hari.
Susu Kental Manis
Nutrisi yang terkandung didalam susu lebih baik daripada gula, karena di dalam susu juga terdapat protein dan lemak yang bagus untuk pertumbuhan burung, sehingga burung akan lebih sehat. Pemberian susu pun sebaiknya tidak langsung dicampur dengan air, melainkan air hanya di teteskan 3 tetes setiap harinya dan tak perlu di aduk.
Madu
Pemberian madu sebaiknya dilakukan tanpa mencampurnya dengan air, karena bila madu dicampur air akan mengakibatkan campuran tersebut basi. Sehingga menjadi tidak efisien dan mahal dalam biaya.
Kroto dan UK
Membiasakan burung mau makan serangga terkadang tidaklah mudah, namun anda bisa terus mencobanya, bila mencium bau harumnya atau merasa tertantang untuk menyantapnya maka burung akan mencoba untuk memakannya.
Nektar instan
Banyak perusahaan pakan ternak yang mencoba untuk menyediakan pakan burung kolibri dalam bentuk instan. bisa diberikan dalam bentuk tepung kering maupun dicampur dengan air. sebaiknya gunakan petunjuk penggunaan dengan tepat.

Itulah beberapa jenis makanan untuk burung kolibri beserta cara penyajiannya. Sebenarnya merawat burung ini sangatlah mudah. Burung ini tidak begitu suka dengan udara yang panas dan terik matahari, untuk itu hindarilah penjemuran yang berlebihan meskipun setelah dimandikan.

0 comments:

Post a Comment