Ads 468x60px

Monday, September 8, 2014

Merawat Burung Cucak Wilis atau Rengganis Sangatlah Mudah

Burung Cucak Wilis atau Burung Rengganis merupakan burung yang sangat mudah untuk dipelihara, baik burung yang anda pelihara dari muda hutan yang bisa dibeli dipasar maupun burung yang anda pelihara dari anakan yang masih lolohan. Karena burung ini menyukai makanan yang mudah yaitu buah-buahan, voer dan UH seperti jangkrik atau Ulat. Dalam rawatan yang telah lama burung ini bisa selaluu diberi Voer pisang yang murah. Jadi, merawat burung cucak wilis bisa menjadi ajang belajar merawat burung, bila anda sukses menjadikan burung ini jinak dan ceriwis, maka anda akan memiliki pengalaman untuk merawat burung jenis cucak-cucakan lain yang lebih berkelas.

Merawat Burung Cucak Wilis
Burung yang masih liar karena baru ditangkap dari hutan perlu terapi khusus agar burung bisa cepat jinak, dimana terapi itu bisa diterapkan mulai dari Terapi mandi, terapi lapar dan terapi mandi di pegang. Saya rasa tidak perlu dijelaskan satu per satu cara melakukan terapi tersebut, karena bagi kicau mania itu adalah istilah yang umum digunakan.

Memandikan burung bertujuan agar burung bisa tampil lebih bersih dan rapi bulunya, selain itu terapi ini juga memiliki tujuan menjinakkan burung. Pemandian dapat dilakukan sehari dua kali yaitu di pagi hari dan sore hari. Agar burung cepat jinak, jangan buru-buru memberi makan burung yang sudah dimandikan, biarkan selama 1 jam barulah diberi makan pisang maupun voer.

Makanan untuk burung Cucak Wilis atau rengganis adalah buah pisang kepok putih dan buah pepaya. dimana buah ini dapat diberikan setiap hari dengan porsi secukupnya. Sebaiknya burung diberi buah setiap hari, jika tidak habis sebaiknya sisa makanan dibuang dan diganti yang baru, agar ada interaksi positif antara perawat dan burung yang dirawat.

Selain buah-buah, burung cucak wilis juga dapat diberi voer dengan berbagai merk sesuai selera, selain itu juga diberi EF jangkrik, UH atau UK, namun dalam jumlah yang sesuai, jangan berlebihan karena burung bisa over protein.

Dalam rawatan harian burung Cucak Wilis tidaklah perlu dikerodong, karena ini termasuk burung kicauan dan burung masteran yang sangat rajin  maka diperlukan ocehannya baik siang maupun malam hari.

Agar burung terjaga kesehatannya, sebaiknya sangkar burung dibersihkan 2 hari sekali, dari kotoran maupun sisa makanannya. Untuk penjemuran dapat dilakukan hingga maksimal pukul 10 pagi, karena burung ini tidaklah termasuk burung yang suka panas.

Setelah, mandi, jemur, diberi makan selanjutnya burung digantung diteras dan kita dengarkan kicauannya.

0 comments:

Post a Comment