Ads 468x60px

Monday, September 29, 2014

Burung Srigati (SogOn) dan Cara Merawatnya

SogOn - Sogok Ontong adalah nama lain untuk burung Srigati yang termasuk burung penghisap nektar bunga dan lebih mudahnya disebut juga burung pemakan madu. Burung ini tersebar luas dihampir seluruh daerah tropis, karena hutan tropis terdapat banyak sekali bunga yang menjadi makanan utama burung Srigati dan bangsa-bangsanya. 

Sebenarnya burung Srigati (Cinnyris Jugularis) dan keluarga burung pemakan nektar bunga adalah burung yang dilindungi, karena burung ini termasuk burung yang memberi banyak keuntungan terhadap kelestarian lingkungan dalam hal membantu penyerbukan berbagai jenis tumbuhan berbunga. Perlu diketahui bahwa ada sebagian tanaman bila proses penyerbukan tidak dibantu oleh burung dan kupu-kupu proses regeneratif tumbuhan tersebut akan terganggu. 

Kebiasaan  Burung Srigati
Suka ribut. Hidup dalam kelompok kecil, berpindah-pindah dari satu pohon /  semak berbunga ke pohon / semak lainnya. Burung jantan terkadang kejar-kejaran mondar-mandir dengan galak. Senang mengunjungi pekarangan, semak pantai, dan hutan mangrove, atau mendatangi bunga loranthus, morinda, pohon pepaya, dan lain-lain.

Makanan Burung Srigati
Terutama memakan nektar, serangga kecil, dan laba-laba.

Perkembangbiakan Burung Srigati

Sarang berbentuk kantung dari rumput yang tergantung pada dahan rendah dan terjalin dengan kapas alang-alang. Jumlah telur 2 butir, berwarna keputihan berbintik abu-abu putih. Berbiak sepanjang tahun.

Cara Merawat Burung Srigati
Burung ini termasuk jenis burung yang mudah stress , terutama jika dipelihara dalam jangka panjang. Sebab makanan utamanya adalah nektar atau sari bunga. Di alam bebas, burung ini mampu makan sebanyak 5-15 kali sehari, dan porsi makanannya pun bisa melebihi berat badannya.

Untuk perawatan harian, Anda bisa menyediakan air gula sebagai pakan utamanya. Sedangkan untuk kebutuhan nutrisi harus disediakan kroto setiap hari. Kroto ini sebaiknya sudah ditetesi dengan vitamin agar burung tetap dalam kondisi fit.

Jika burung srigati sudah mau menyantap makanan olahan seperti voer, Anda bisa memberikan voer dalam wadah terpisah setiap harinya, namun anda harus tetap menyediakan Nektar buatan dari air gula, karena burung ini membutuhkan banyak cairan manis untuk memenuhi energi burung yang sangat aktif ini.

Memandikan burung Srigati bisa disemprot atau di keramba, namun sangat jarang para Kicau Mania memandikan burung ini dengan cara di keramba, sehingga paling mudah adalah dengan menyemprotnya tapi dengan semprotan yang lembut. Setelah dimandikan, burung selanjutnya di jemur namun jangan terlau panas, karena burung ini tidak begitu suka cuaca yang panasnya menyengat.

Agar burung cepat berkicau, sebaiknya burung dipancing dengan suara masteran burung kolibri atau srigati lain yang sudah gacor, bila tidak memiliki burung yang sudah bunyi, kita bisa menggunakan audio mp3.



0 comments:

Post a Comment