Ads 468x60px

Thursday, April 24, 2014

Cara Tepat Merawat Cendet Mabung

Mabung merupakan istilah untuk burung yang sedang mengalami masa pergantian bulu, dimana proses ini diawali dengan merontokkan bulu yang telah kusam atau sudah tua secara bergantian, kemudian masa pertumbuhan bulu baru yang lebih segar dan mulus. Masa perontokkan bulu tua tidak akan berlangsung secara bersamaan, sehingga anda sebagai pemilik burung harus bersabar, secara alami proses rontok bulu ini terjadi 2 atau 3 helai sampai bulu baru tumbuh lagi, bersamaan dengan tumbuhnya bulu baru, bulu yang lain akan rontok, silih berganti sampai bulu tua habis dan berganti bulu baru.



Untuk mempercepat proses mabung memang telah banyak dicoba oleh banyak kicau mania, namun alangkah lebih baik jika proses mabung itu dibiarkan terjadi secara alami, yang penting selama masa mabung kita tetap memberikan perawatan terbaik, karena keberhasilan melalui masa mabung sangat mempengaruhi performance burung setelahnya.

Itulah Tips Jitu dan Cara Paling Tepat Merawat Cendet Mabung, semoga hal ini dapat kita pahami bersama bila burung bukanlah robot yang dapat kita paksakan rontok bulunya kemudian bulunya tumbuh secara bersamaan. Coba anda bayangkan bila di alam liar burung tiba-tiba rontok semua bulunya, tentunya burung cendet bisa menjadi santapan empuk predator lainnya. iya kan? 

Jadi, Cara Tepat Merawat Cendet Mabung adalah membiarkan burung melalui masa rontok dan pertumbuhan bulu baru secara alami, namun anda bisa mengupayakan pertumbuhan agar lebih baik dengan memberikan nutrisi yang cukup selama masa mabung. 

Jika burung hanya diberi Voer selama mabung, dikwatirkan nutrisi yang ada di dalam voer kurang memadai untuk merontokkan dan menumbuhkan bulu baru, untuk itu pemberian EF diperlukan agar kebutuhan nutrisi burung terjamin, bila perlu EF ditingkatkan agar bisa mendukung sistem metabolisme tubuh yang meningkat, selain itu anda juga bisa menambahkan multivitamin herbal agar burung semakin sehat dan menghasilkan bulu-bulu yang halus.

Skedul Merawat Cendet Mabung, sejak diketahui ada beberapa bulu yang rontok :
  • Burung mulai dikerodong full (siang dan malam)
  • Ekstra Fooding (EF) Jangkrik ditingkatkan, bila biasanya 5-5, saat mabung berikan 7-8 pagi/sore.
  • EF lain dapat yang dapat diberikan adalah Ulat Hongkong (UH) berikan 5 ekor setiap sore, sampai burung selesai mabung.
  • Kroto diberikan 2 hari sekali sebanyak 1 cepuk atau 2 sendok. Sebagian orang ada yang menambahkan Susu Bubuk Dancow untuk menambah proteinnya.
  • Multivitamin diberikan 3 hari sekali, 6 tetes ditempat minum dipagi hari.
  • Pemandian cukup dilakukan seminggu sekali.
  • Sangkar dibersihkan 3 hari sekali
  • Penjemuran hanya dilakukan 15 menit dipagi hari saat diberi makan saja, dan saat kerodong dibuka.
  • Pemasteran terus dilakukan selama masa mabung seperti biasa. 

Itulah Tips Terbaru yang dapat saya sampaikan untuk Cendeters Pemula, meskipun singkat saya berharap ini bisa menjadi catatan yang berguna. 

Salam Cendet Mania dari Km Kissawa








0 comments:

Post a Comment