Ads 468x60px

Tuesday, March 11, 2014

Pamor Burung Srigunting di Ngawi Terus Membaik

Burung Srigunting atau jekitut (bhs jw) merupakan burung peniru yang juga cukup cerdas meskipun tidak sehebat Burung Cendet. burung pemakan serangga dan binatang kecil ini termasuk burung petarung, jangankan dengan burung sejenis, melawan Elang pun burung ini tak pernah keder. Keunikan dan keberanian burung inilah sehingga banyak pecinta burung yang memelihara untuk ocehan dirumah.

Berdasarkan pantauan saya dalam beberapa bulan ini, Burung Srigunting di daerah Kabupaten Ngawi tengah naik daun dan kerap di test/latberkan, seperti di desa pancuran - kec. padas. pecinta burung srigunting kerap melakukan gathering di perempatan desa.

Beberapa jenis suara yang dikuasai burung srigunting adalah suara ayam, prenjak, sikatan dan berbagai suara burung lain seperti suara alap-alap.

Memelihara burung srigunting dari anakan/lolohan lebih mudah dan lebih cepat berkicau, meskipun makanan utamanya adalah Ulat Kandang, Jangkrik, Kroto dan ulat hongkong, namun burung srigunting tetap saja bisa diberi Voer untuk kebutuhan sehari-hari.

Burung srigunting memang indah, dengan bulu yang berwarna hitam full dan ekor yang bercabang seperti gunting membuat burung ini semakin tampak macho.

Akankah pamor srigunting mengalahkan Burung Cendet? kita lihat saja ke depan... karena burung ini pun sudah sulit ditemukan bakalanya baik dipasar maupun di alam.

0 comments:

Post a Comment