Ads 468x60px

Sunday, June 8, 2014

Cara Merawat Murai Batu Mabung

Mabung adalah siklus alami burung dan berbagai jenis unggas dalam serangkaian proses rontoknya bulu dan tumbuhnya bulu baru yang lebih fresh. Selama mengalami masa mabung yang panjang (1-3 bulan) burung membutuhkan banyak vitamin dan mineral yang selanjutnya saya sebut nutrisi. Jika burung mengalami kekurangan nutrisi seperti lemak dan protein, biasanya bulunya akan tumbuh tidak normal, kusam, pecah-pecah atau kriting.





Cara Merawat Murai Batu Mabung atau ngurak telah banyak disampaikan oleh Murai Mania diberbagai forum maupun media, untuk kembali mempertegas dan terus saling mengingatkan kepada ekor panjang mania dimana pun berada, kali ini saya ingin berbagi tulisan di Km Kissawa agar bisa sewaktu-waktu dibuka oleh rekan rekan pecinta burung murai.


Melalui masa mabung adalah hal yang sulit, burung yang bisa melalui masa mabung dengan sempurna maka sesudahnya akan menjadi burung yang sehat dan rajin berkicau. Untuk itu selama masa mabung burung apa pun akan membutuhkan perhatian yang spesial.

Cara Merawat Murai Batu Mabung :
  • Burung sebaiknya lebih sering dikerodong (siang hari apalagi malam hari), buka kerodong hanya waktu burung dibersihkan sangkarnya.
  • Pemasteran, selama masa mabung adalah waktu yang cukup baik untuk memaster burung, karena saat mabung burung apa pun akan lebih banyak diam di dalam sangkar, sehingga sangat baik merekam apa yang di dengar disekelilingnya.
  • Burung hanya dimandikan seminggu sekali, namun sangkar bisa dibersihkan setiap pagi waktu diberi makan maupun dua hari sekali.
  • Pemberian pakan EF ditingkatkan, bila dihari biasa jangkrik diberi 5 ekor maka waktu mabung ditingkatkan 7-10 ekor setiap pagi dan sore.
  • Kroto diberikan setiap hari, pagi dan sore hari 1 sendok saja.
  • UH (ulat hongkong) bisa diberikan 5 ekor setiap sore saja.
  • Burung jangan dipertemukan dengan burung sejenis selama masa mabung. 
  • Pemasteran dapat ditempel dengan burung masteran maupun diputarkan lagu mp3, namun burung harus dalam kondisi di kerodong.
  • Penjemuran dapat dilakukan di pagi hari, namun tidak lebih dari jam 9 pagi.


Itulah gambaran umum Cara Merawat Burung Murai Batu Mabung, meskipun singkat saya berharap hal ini bermanfaat, meskipun porsi pemberian ini tidak mutlak namun setidaknya bisa dijadikan contoh bagi yang masih awam. Namun demikian tidak tertutup kemungkinan anda bisa melakukan penyetelan porsi EF sendiri. 

Temukan berbagai artikel Cara Merawat Burung hanya di Km Kissawa

0 comments:

Post a Comment