Ads 468x60px

Sunday, June 1, 2014

Cara Merawat Burung Kolibri

Merawat Burung Kolibri sebaiknya dari anakan atau yang masih muda sehingga burung akan menjadi lebih jinak dan cepat berkicau, sebab burung yang sudah tua biasanya sulit untuk jinak bahkan tidak mau makan apa yang kita berikan - untuk itu sebaiknya lepaskan saja burung tangkapan kolibri yang sudah tua, biarkan burung yang tua hidup bebas dan berkembang biak. Untuk yang belum pernah memelihara burung kolibri, kali ini Kisaawa ingin berbagi catatan tentang Cara Merawat Burung Kolibri.

Burung Kolibri merupakan burung pemakan nektar bunga sehingga dalam rawatan harian burung ini harus diberi Nektar buatan yang berasal dari gula putih yang dicampur air matang dengan perbandingan 1 gelas air dengan 4 sendok gula putih kemudian air direbus sampai matang. Berikan air gula tadi setelah air menjadi dingin (bukan di kulkas). 

Madu Murni dapat anda berikan secara terpisah bukan dicampurkan pada air gula, karena air gula dan madu yang dicampur bisa membunuh burung penghisap madu (pengalaman pribadi merawat Sogon). 

Selain memberi air gula, burung Kolibri juga dapat diberikan makanan lain berupa pisang kepok yang telah matang dan manis rasanya, selain itu anda juga memberi kroto dalam jumlah yang sedikit seminggu sekali - meskipun tidak dimakan waktu pemberian pertama kali tak mengapa, di pemberian berikutnya biasanya akan dimakan karena burung telah lebih jinak dan memakan apa yang kita berikan.

Karena burung yang di alam bebas bisa mencari dan memilih makanan apa yang dia suka, sementara burung yang didalam sangkar mendapatkan makanan dari apa yang kita berikan maka berikanlah makanan yang sesuai dengan karakter dan kebutuhannya.

Cara Merawat Burung Kolibri
  • Setiap pagi burung Kolibri dikeluarkan dari rumah sekitar pukul 6 pagi menjelang matahari terbit, sehingga burung akan menikmati udara pagi yang sejuk dan bersih.
  • Sekitar pukul 7 burung dimandikan dengan cara disemprot, kemudian burung di jemur maksimal sampai pukul 9.
  • Setelah mandi jangan lupa untuk memberi makanan berupa nektar buatan dengan porsi yang cukup.
  • Jangan menjemur burung kolibri terlalu panas (hingga pukul 11 siang) karena burung ini tidak begitu kuat bila dijemur dilokasi terbuka dengan matahari yang menyengat.
  • Untuk burung muda atau bakalan pemasteran dapat dilakukan disiang hari setelah burung diteduhkan, lebih mudahnya anda juga memiliki burung masteran seperti burung Kenari, sehingga Kolibri akan belajar bernyanyi seperti burung kenari atau masteran lain yang sesuai dengan karakter suara burung kolibri - melengking.
  • Agar bisa istirahat dengan tenang, burung kolibri di malam hari sebaiknya di kerodong, karena kerodong juga  melindungi burung dari angin malam dan gigitan serangga.

Itulah cara merawat burung kolibri yang dapat saya bagikan kali ini, semoga bisa menjadi bahan bacaan yang menyenangkan karena kicauan burung kolibri juga sangat menghibur dan menyenangkan bagi siapa pun yang mendengar kicauannya.

0 comments:

Post a Comment