Ads 468x60px

Wednesday, April 16, 2014

Solusi Cara Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi

Sudah sering kita mendengar burung kenari yang tiba-tiba macet bunyi setelah melalui masa mabung atau masa ganti bulu, hal ini tidak lain karena saat mabung burung mengalami sakit yang luar biasa atau mengalami penurunan vitalitas. Bila selama mabung tidak memperhatikan Cara Perawatan Kenari Mabung maka bukan tidak mungkin burung akan macet setelahnya. Menurut pengamatan dan pengalaman saya, mereka yang memiliki burung kenari yang awalnya rajin ngoceh, kemudian saat mabung diabaikan Pakan/Makanannya sehingga burung akan menjadi lesu, kegemukan sehingga malas bunyi.



Perlu diketahui bila macetnya burung kenari disebabkan karena burung mengalami kekurangan nutrisi atau ngedrop sehingga anda harus meningkatkan nutrisinya agar burung kembali fit. Berikut ini Kissawa memiliki catatan khusus tentang Cara Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi agar burung kembali riang dan mau berkicau seperti sedia kala.
  • Berikan pakan berkualitas (nutrisi tinggi dan serasi). Anda bisa memberinya pakan jadi yang berkualitas Mahal sedikit nggak apa-apa, toh hanya digunakan selama 2-3 minggu untuk keperluan terapi. Bisa juga meracik sendiri pakan kenari dengan mempertimbangkan kandungan-kandungan yang terdapat dalam biji-bijian tersebut.
  • Untuk menambah vitalitasnya, Anda juga bisa memberikan racikan telur rebus egg food kepada kenari yang macet bunyi selama 1 minggu. Cara pembuatannya bisa dilihat di sini dan di sini, tergantung selera Anda.
  • Berikan pula buah-buahan yang bisa membantu mempercepat pemulihan kondisi fisiknya, misalnya apel yang diberikan tiap hari. Karena diberi buah, maka sayuran dapat dihentikan agar burung mau makan buah apel yang anda berikan.
  • Berikan multivitamin dan multimineral untuk memperbaiki kondisi fisiknya yang bisa dikatakan “drop” usai mabung. yang banyak dijual di pasar burung, seminggu pertama setiap hari diberikan, seminggu kedua diberikan 2 hari sekali, di minggu selanjutnya cukup seminggu sekali.
  • Karena burung sudah selesai mabung, penjemuran dapat ditingkatkan atau dimaksimalkan.
Kenari yang macet bunyi sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh kekurangan nutrisi, bisa saja burung berhenti bunyi karena stress akibat sangkar jatuh atau takut dengan burung besar, burung predator yang sering anda gantung di dekatnya. Untuk mengatasi hal ini burung perlu dijauhkan atau diasingkan, sedangkan perawatan lain perlu dilakukan seperti perawatan diatas. KISSAWA

0 comments:

Post a Comment