Ads 468x60px

Thursday, February 27, 2014

Cara Merawat Cendet Stress dan Giras

Burung Cendet yang Stress harus mendapatkan perawatan yang intensif agar mental burung kembali pulih, dan yang lebih penting adalah burung segera berkicau kembali. Karena tujuan memelihara burung cendet adalah agar burung berkicau dengan riang sehingga layak untuk dilombakan. Bagi yang memiliki momongan sedang stress, atau pemiliknya sedang stress karena Cendet gacoan tak juga mau berkicau, kali ini KM Kissawa akan kembali memberikan tips Cara Merawat Cendet Stress dan tingkahnya Giras.

Sebelum lebih jauh tentang Cara Merawat, ada baiknya kita juga memahami kira-kira apa saja penyebab burung cendet mengalami stress sehingga burung tak mau berkicau, salto dan banyak tingkah bin salting dan tak memperdulikan tingkahnya itu melukai dirinya sendiri :
  • Burung yang masih beradaptasi dengan lingkungan baru
  • Burung stress karena salah perawatan
  • Burung stress karena perjalanan jauh
  • Burung stress karena kalah bertarung dengan cendet yang lebih tua
  • Burung stress karena Sangkarnya jatuh
  • Burung stress karena takut sesuatu
  • Burung stress karena pola makan yang berubah
  • Burung stress karena voer yang diganti
  • Burung stress karena di kerodong

Dengan mengetahui sebab musabab burung menjadi banyak tingkah karena stress dan tak mau ngoceh maka dengan mudah pula anda bisa merawat dan membuat burung kembali berkicau. intinya, "temukan penyebabnya maka anda akan menemukan solusinya"

Beberapa Cara Merawat Cendet Stress berikut ini patut untuk anda coba

  • Jika burung masih beradaptasi maka sebaiknya burung dikerodong dengan kerodong yang tipis bila baru berada di tempat baru selama beberapa hari, selama dikerodong burung hanya diberi makan dan EF yang cukup agar mental burung kembali naik.
  • Jika cendet stress karena salah pola perawatan, cara memandikan maupun settingan pakan, maka ada baiknya anda menanyakan pemilik awal, dan jangan memaksakan pola perawatan baru agar burung kembali pulih mau berkicau.
  • Jika stressnya cendet karena kalah bertarung maka hal yang perlu dilakukan adalah mengisolasi burung dan diasingkan dari burung sejenis, burung sebaiknya hanya dikerodong dan diberi makan EF yang lebih banyak agar mental burung lekas pulih, ada baiknya anda memberikan binatang kecil hidup untuk meningkatkan mental cendet yang ngedrop.
  • Diantara semua sebab burung cendet menjadi stress, karena sangkar jatuh adalah penyebab paling yang sulit untuk disembuhkan sakitnya. ada baiknya  mengkombinasikan berbagai macam cara mulai burung dikarantina, berikan EF lebih banyak, memberi untulan, mandi seminggu sekali dan yang paling penting jangan mempertemukan dengan burung cendet sejenis yang telah gacor. 
  • Penanganan khusus seperti pengembunan, penjemuran yang cukup ditempat yang sepi dan terapi mandi malam terkadang juga diperlukan untuk menangani cendet yang stress.
Cendet yang stress dan tingkahnya giras bila didekati orang ditangani dengan cara menjinakkan burung, biarkan burung sampai manja tidak mengapa, dengan cara buat terapi lapar, dan berikan jangkrik hanya dengan tangan, tunggu sampai burung mau makan jangkrik dari tangan anda, lama kelamaan burung juga akan tahu bila ternyata manusia tidak membahayakan nyawanya sehingga burung akan menjadi jinak.

Itulah selintas catatan saya tentang Cara Merawat Burung Stress, dari semua tips diatas yang paling penting adalah anda harus sabar dan konsisten dalam melakukan perawatan. Jangan berlaku kasar pada burung cendet yang stress, karena burung malah akan bertambah trauma.




1 comments:

Riski Sullivan said...

ok.. thanks atas pemberitahuanya

Post a Comment