Ads 468x60px

Wednesday, January 22, 2014

Prenjak Tasik Dada Putih

Burung Prenjak memang hampir di semua daerah memiliki habitat burung ini, namun saat ini di pulau jawa terkenal dua jenis Ciblek/Prenjak Putih yaitu Prenjak Tasik dan Prenjak Jawa. Prenjak Tasik memiliki kemampuan berkicau yang sangat baik lebih keras, engkel,  ungkul dan memilik tembakan lebih keras dari yang lain. Namun untuk menjadikan seekor Prenjak Tasik menjadi prenjak yang juara haruslah memiliki mental yang baik. 


Ciri Ciri Prenjak Tasik Menurut Pakarnya :
  • Memiliki tubuh lebih besar atau bongsor.
  • Warna kuning di dubur memudar atau putih.
  • Tidak memiliki kalung hitam dileher

Itu adalah Ciri Prenjak Tasik berdasarkan obrolan saya dengan pakarnya burung prenjak yang ada di Kupang Surabaya, saya menyebutnya pakar karena dia telah menggeluti dunia burung sejak muda, sampai saat ini sekitar 20 tahunan. Burung Prenjak Tasik menurutnya saat ini harganya nggak karuan, untuk yang masih muda atau bakalan saja dihargai 150 s.d. 200rb. apalagi yang sudah gacor, harganya bisa melambung tinggi diatas 500rb.

Prenjak Tasik, menurut asal kata berarti burung ini berasal dari Tasikmalaya - Jawa Barat, padahal burung ini juga sebenarnya ada yang di datangkan dari bogor atau bandung, karena kawasan ini hutannya masih banyak maka masih banyak ditemui habitat Prenjak Tasik.

Tinggi permintaan terhadap Prenjak Tasik maupun Prenjak Jawa mengkhawatirkan terjadinya kepunahan, maka sebagai pecinta burung prenjak bisa mempertimbangkan burung ini untuk diternak, dengan membuat sangkar ternak prenjak seperti yang pernah kami ulas sebelum ini, meskipun hanya sebatas ilustrasi, karena Prospek Breeding Prenjak masih sangat bagus.

0 comments:

Post a Comment