Ads 468x60px

Monday, November 10, 2014

Cara Memilih Cucak Ijo Jantan Muda Leher Kuning dan Trotol

Burung Cucak Ijo muda memanglah sangat terjangkau harganya, sehingga burung ini banyak penggemarnya dan banyak yang ingin memilikinya karena pasar Cucak Ijo di Jawa Timur sangatlah bagus. Dalam memilih burung cucak ijo jantan yang masih kuningan atau trotol memang bukanlah perkara mudah, karena di usia yang masih muda itu, burung jantan dan betina memiliki  kemiripan yang sangat kental sekitar 99 persen sama. kalau pun ada bedanya hanya bisa ditentukan oleh mereka yang telah bergelut dengan burung cucak ijo dalam waktu yang lama.

dibandingkan Cucak Ijo Dewasa dengan Cucak Ijo Trotol harganya memang jauh, sehingga mereka yang menyukai burung ini berani kolas dengan memilih yang masih topeng kuning, padahal sudah sangat banyak para ijo mania yang merasa tertipu oleh pedagang.

Meskipun dengan iming-iming jaminan/garansi kalau menurut saya, hal itu tidaklah cukup karena burung cucak ijo muda memiliki penampilan yang hampir sama antara yang jantan maupun yang betina.

Menurut Pakar, Cucak Ijo jantan memiliki ciri - ciri :
  • Kuning didagunya lebih terang, bila disingkap akan tampak noktah hitam dipangkal bulu.
  • Lingkar mata berwarna kuning yang sangat jelas.
  • Paruh berwarna hitam legam. sedangkan yang betina berwarna agak abu-abu.

Namun ciri-ciri diatas bukanlah jaminan, hal ini terbukti banyaknya pecinta burung cucak ijo yang kecewa dengan hasil pemilihannya, padahal mereka telah banyak membaca litelatur maupun artikel dari blog cucak ijo. Lalu bagaimana?

Perlu diketahui bila burung cucak ijo yang memiliki variasi lagu yang bagus adalah cucak ijo yang memiliki topeng hitam di bagian dagunya, dimana burung ini disebut sebagai burung berkelamin jantan. Sedangkan yang berdagu kuning keputihan kicauannya kurang begitu bervariasi sehingga banyak kicau mania yang tidak menghendaki kecuali untuk tujuan ternak.

Bila anda ingin memiliki Cucak Ijo yang gacornya bagus, isiannya banyak dan cepat menirukan kicauan burung disekitarnya maka pilih dan belilah cucak ijo yang sudah memiliki topeng hitam dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun anda dijamin tidak bakalan kecewa.

Coba saja anda bayangkan, bila anda sama-sama membeli dan memiliki buurung cucak ijo bakalan yang kuning dan anda  harus menunggu burungnya berkicau hingga berbulan-bulan lamanya. dan akhirnya burung tidak juga jadi nopeng hitam, tentu saja anda akan kecewa dan rugi bila dihitung dari segi ekonomi maupun waktu.

Sama-sama memelihara, cara yang paling tepat memilih cucak ijo jantan adalah yang sudah nopeng atau sudah trotol hitam di dagunya, untuk yang trotol hitam, saya pun lebih yakin bila burung tersebut kelak akan berubah menjadi hitam, karena warna hitamnya sudah tampak meskipun tidak di singkap bulunya. 

Mulai sekarang, tinggalkanlah kebiasaan memilih burung murah dengan dagu kuning yang status kelaminnya belum jelas, karena hal itu akan membuat sakit hati dan melelahkan.

Salam ijo mania...

4 comments:

Aldrin Raxel said...

Gan ane mau tnya ni tempo hari ane bli CI trotol,udh bunyi klu lg pgang jngkrik/pisang klu lg diem jg ska ngrwik,,,pangkal paruh ada wrna biru,alis wrna kuning,,kaki udh nysik,tp wrna dagu kuning ada trotol htam yg wrna kuning ane cabut tp tmbh blu'a agak putih,paruh bwah jg putih kehitaman,,,CI ane jantan ap betina klu ciri kya di atas dtmpt ane ad yg blng cwe ada jg yg blng cwo,,

Putera Gembala said...

Kalau kaki udah nyisik tapi bulu leher masih kuning keputihan bisa jadi cewek.

Kurniasari Nia said...

Maaf numpang tanya,dua minggu yg lalu aku beli cucak ijo muda ,dan kt tmn2 aku ada blg co sebagian ad yg blg ce aku jd galao,trus aku cabut tu bulu yg kuning di bawah tenggorokan sekarg dah numbuh warna kuning lagi kenapa ga item itu dah di jamin ce y om

semarsuryo jati said...

Kalo belum waktunya tetep akan tumbuh warna kuning Om. Cabut bulu hanya di lakukan ketika kita ingin mengetahui apakah kita kena tipu ato tidak karena banyak pedagang yg menyemir burung cucak ijo betina menjadi trotolan ato bahkan sampe nopeng

Post a Comment