Ads 468x60px

Wednesday, October 29, 2014

Tepung Jangkrik (Cricket Flour)

Tepung Jangkrik adalah tepung yang dibuat dari bahan dasar Jangkrik 100 persen, dimana kegunaan tepung ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi berbagai jenis hewan peliharaan. karena jangkrik mengandung protein dan asam amino yang sangat tinggi yang di butuhkan oleh banyak jenis burung maupun ikan. Banyaknya peternak jangkrik terkadang mengakibatkan stock melimpah, agar stock jangkrik mampu terjual semuanya, menjadikan jangkrik sebagai tepung adalah alternatif yang paling tepat, karena bila terlalu lama disimpan jangkrik  hidup akan menua dan kandungan asam aminonya menurun. Adapun usia yang tepat untuk dijadikan tepung jangkrik, adalah jangkrik yang berumur 30 s/d 40 hari.

Usaha ternak jangkrik jangan dianggap sepele karena harga jangkrik dari masa ke masa terus melambung yang disebabkan oleh semakin banyaknya pecinta burung dan ikan yang membeli jangkrik sebagai makanan pokok. 

Untuk daerah-daerah tertentu ketersediaan jangkrik segar terkadang sulit sehingga hal ini menyusahkan mereka yang menjalani hobi burung berkicau, sehingga Tepung Jangkrik (Cricket Flour) bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan makanan burung tersebut. 

Cara penggunaan tepung jangkrik bisa langsung diberikan pada burung sebagai EF atau makanan pokok, selain itu tepung jangkrik juga dapat diolah lagi sebagai komponen untuk membuat Voer, namun untuk mendapatkan voer yang bagus sebaiknya persentasi tepung jangkrik tetap diberi dalam porsi yang besar atau ditambah dengan sumber protein lain seperti tepung ikan atau kuning telur.

Pemberian tepung jangkrik sama dengan memberikan dengan jangkrik hidup. Kandungan nutrisi tepung jangkrik 1 kg hampir setara dengan jangkrik hidup 10 kg. Dengan kandungan air yang sangat kecil atau telah kering 99% maka tepung jangkrik meskipun tanpa bahan pengawet mampu beertahan dalam waktu lama dalam kemasan yang kedap udara.

Mari kita gunakan tepung jangkrik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung, karena lebih mudah  dalam aplikasi. 

Selamat mencoba

1 comments:

Unknown said...

Tepung jangkrik untuk membuat burung lebih sehat. Praktis, lebih higienis, telah teruji kandungan nutrisinya dan terbukti disukai burung.

Klik link dibawah ini untuk detailnya
Tepung jangkrik untuk membuat burung lebih sehat

Post a Comment