Ads 468x60px

Saturday, September 27, 2014

Mengenal Burung Kenari Gloster dan Perawatannya

Kenari Gloster merupakan tipe burung kenari yang tujuan pengembang biakannya untuk mendapatkan burung kenari dengan model yang unik. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan penampilan yang lucu dan tidak fokus pada suara maupun warna, untuk itulah penampilan burung Gloster itu bertubuh mungil dengan perut buncit. Namun pada perkembangannya ternyata Kenari Gloster juga memiliki kicauan yang merdu dan kencang, sehingga burung Canary Gloster banyak dipelihara kenari mania dihampir banyak negara.

Sampai saat ini ada dua jenis burung Kenari Gloster yang kita kenal, yaitu Kenari Gloster Jambul dan Kenari Gloster Non Jambul, namun dari segi tampilan perutnya tetap sama-sama buncit dan keduanya tetap sama-sama memiliki tampilan yang eksotis. bila di ukur panjang tubuh Gloster tidak lebih dari 11,25 cm dengan variasi warna bulu adalah hijau, kuning, coklat dan cinnamon.

Kenari Gloster Consort (non jambul)

Kenari Gloster Corona (jambul)
Merawat Kenari Gloster berbeda dengan merawat kenari lokal lainnya, karena burung ini sangat rentan sakit bila terkena terpaan angin langsung maka dalam perawatan harus bisa menghindarkan burung dari terpakan angin dari kipas, AC maupun lubang udara. Apalagi burung yang masih butuh beradaptasi maka burung harus lebih intensif dalam perawatan.


Perawatan Kenari Gloster
  • Menjauhkan burung dari sumber angin atau sumber udara, misalnya kipas angin, AC, lubang udara, dan tempat yang sering dilalui angin kencang.
  • Selalu memberikan vitamin ketika menghadapi musim hujan.
  • Berikan pakan biji-bijian yang baik dan berkualitas.
  • Berikan sayuran berwarna hijau gelap yang masih segar.
  • Berikan Buah-buahan berwarna merah yang masih segar, diselingi pemberian egg food yang berbahan dasar remah roti.
  • Selalu menjaga kebersihan sangkar dan lingkungan tempat burung biasa digantang.
Dengan perawatan yang intensif, burung kenari Gloster akan lebih cepat berkicau dan gacor, untuk itu perhatikan benar cara perawatannya. Jika anda ingin memiliki keturunan burung kenari Gloster ini lebih banyak lagi maka lakukanlah penangkaran dengan sesama burung Gloster, jika disilangkan dengan kenari lokal maka tingkat keberhasilannya 50%.


0 comments:

Post a Comment