Ads 468x60px

Saturday, August 23, 2014

Burung Trucukan, Kebiasaan dan Habitatnya

Burung Trucukan merupakan burung yang familier bagi hampir setiap kicau mania karena burung yang termasuk dalam keluarga Cucak-Cucakan ini begitu mudah dipelihara dan mudah ditemukan dilingkungan mana pun. Sehingga Habitat burung ini bisa ditemukan di tepian hutan, hingga hutan kota, pepohonan disekitar rumah dan semak-semak. Karena populasinya yang masih banyak maka burung ini bisa ditemui hampir semua pedagang burung, sebab meskipun dengan harga yang murah ternyata kicauan Burung Trucukan sangatlah merdu bak biduan kelas bintang.


Kebiasaan Burung Trucukan
Burung yang memiliki nama Trocok, Jog Jog, Merbah, Crucukan ini memiliki kebiasaan yang patut untuk kita pantau sebagai bahan kajian atau mempelajari aktivitasnya :  

Burung ini bukan jenis  burung petarung, namun burung ini bisa melakukan pertahanan untuk menjaga daerah teritorialnya, pada dasarnya burung trucukan ini adalah burung sejenis kutilang yang mudah kita jumpai, tidak terkecuali di pepohonan yang ada di kota-kota besar yang mempunyai polusi udara cukup tinggi. Burung ini menyukai tempat-tempat terbuka, semak belukar, tepi jalan, kebun, hutan sekunder, dan taman-taman kota. Burung ini sering berkelompok, baik ketika mencari makanan maupun bertengger, dengan jenisnya sendiri maupun dengan jenis serumpunnya yang lain, atau bahkan dengan jenis burung yang lain, tidur berkelompok dengan jenisnya, di ranting-ranting perdu atau pohon kecil.

Burung trucukan banyak dipelihara dari anakan atau lolohan karena orang sangat berharap burung kesayangan itu menjadi jinak dan tak takut manusia. Saat telah jinak burung ini memang sangatlah manja, ketika kita masukkan tangan ke sangkar pun burung ini tidak banyak bergerak.


Burung yang mudah perawatannya ini sangatlah cocok untuk anda yang sedang belajar memelihara burung, untuk bermain maupun hanya sebagai sarana mengobati rasa kangen terhadap burung yang merdu kicauannya ini.

0 comments:

Post a Comment