Ads 468x60px

Thursday, May 22, 2014

Mengenal Burung Rengganis atau Cucak Wilis

Burung Rengganis (Pycnonotus) adalah burung yang sangat mudah dalam perawatan dan memiliki harga yang murah, sehingga burung ini sangat cocok untuk dijadikan sarana dalam belajar merawat burung, kicauan burung Rengganis sangar renyah hampir mirip dengan kicauan burung kutilang namun dinyanyikan dengan suara yang lebih nyaring, rapat bahkan ada yang rajin ngeroll.

Penampilan Burung Rengganis lebih manis dibandingkan kutilang, memiliki jambul dan bintik orange di sekitar jambul dan matanya. konon katanya burung ini adalah burung asli Indonesia sehingga banyak sekali kepulauan Indonesia menyimpan burung ini di hutan alaminya. 


Cucak wilis, atau dalam literatur perburungan internasional disebut orange-spotted bulbul, merupakan burung endemik di Indonesia, artinya tidak pernah dijumpai di negara lain. Karena itu, penting sekali bagi Anda yang memeliharanya di rumah, untuk secara bertahap memikirkan juga proses penangkarannya. Ada tiga subspesies cucak wilis, dengan wilayah persebaran yang berbeda, yaitu :
  • Pycnonotus bimaculatus bimaculatus (Horsfield, 1821) : habitat di wilayah baratdaya Sumatera, Jawa  Barat, dan Jawa Tengah.
  • Pycnonotus bimaculatus snouckaerti  (Siebers, 1928) : habitat di wilayah baratlaut Sumatera.
  • Pycnonotus bimaculatus tenggerensis (van Oort, 1911) : habitat di Jawa Timur.
Habitat Cucak Wilis atau Rengganis
Di alam bebas, burung ini biasa mendiami kawasan pegunungan dengan ketinggian 800 – 3000 meter dari permukaan laut, hingga ke zona cantigi gunung (vaccinium) di dekat puncak. Tidak mengherankan apabila burung ini mudah ditemukan mulai dari lereng hingga dekat puncak gunung, termasuk di Merapi.

Makanan
di habitatnya burung Rengganis akan memakan berbagai jenis serangga kecil dialam juga termasuk ulat, selain itu burung ini juga sangat suka memakan  berbagai jenis buah yang berdaging lunak seperti buah pepaya, pisang, keres, dan buah beringin.

Sekarang anda sudah mengenal burung Rengganis yang banyak dipelihara oleh mereka yang berada disekitar gunung wilis - jawa timur seperti di Kediri, Tulungagung, Trenggalek juga nganjuk.

0 comments:

Post a Comment