Ads 468x60px

Thursday, May 22, 2014

Burung Kutilang

Mari kita mengenal Burung Kutilang (Pycnonotus aurigaster), mengapa mesti mengenal burung kutilang? karena burung ini waktu saya masih duduk ditaman kanak-kanak kerap kali kami nyanyikan dalam sebuah lagu yang bertema "Burung Kutilang" kalau bernyanyi tralala lala lala lili ... 

Lebih dari sebuah nyanyian ternyata Burung Kutilang memang gemar bernyanyi/berkicau dengan merdu di pucuk pohon yang dihinggapinya, entah kicauan itu untuk menghibur diri atau untuk memanggil temannya namun kicauannya bisa dikatakan sangat renyah dan nyaring. Berdasarkan pengamatan ternyata burung kutilang tampaknya suka hidup berkelompok dengan  burung kutilang lainnya. Meskipun masih satu keluarga dengan Burung Trucukan, namun burung ini kerap kali bertengkar untuk memperebutkan daerah kekusaan tempat mereka mencari makan.

Burung Kutilang termasuk burung yang mudah jinak, sehingga bila dirawat dengan baik burung ini akan menjadi burung yang pintar berkicau bahkan kicauannya bisa menirukan suara burung lain, apalagi bila dimaster dengan suara masteran yang cerewet, tentunya cerecetannya akan lebih panjang, sehingga Kutilang yang dirawat dari anakan akan melupakan suara Tut Tilung... Tilung... Tilung... yang dianggap suara mati bagi kicau mania yang kerap mengikuti lomba burung.

Selain Kutilang biasa (Pycnonotus aurigaster), ada dua kerabat dekatnya yang juga memiliki sebutan kutilang, yaitu kutilang mas / cucak kuning (Pycnonotus melanicterus) dan kutilang sutera / cucak kurincang (Pycnonotus atriceps). Kedua spesies ini banyak dipelihara sebagai burung master. Bahkan di Bangka-Belitung, cucak kurincang atau disebut penduduk setempat sebagai burung cep cep sudah dilombakan dan punya kelas khusus yang banyak peminatnya.

Habitat Kutilang
Tempat hidup burung kutilang tersebar luas hampir di seluruh penjuru nusantara seperti di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan bahkan di Malaysia dan Thailand burung ini juga ada. Bahkan di Malaysia burung ini di budidayakan dan dilarang diburu. Sementara di Indonesia burung ini masih banyak hidup bebas di tepian hutan, pinggir jalan dan pohon-pohon di taman penghijauan kota. 

Makanan Burung Kutilang
Di alam bebas burung kutilang suka memakan berbagai jenis serangga kecil seperti Jangkrik, Belalang, Laba-laba, Ulat dan berbagai jenis buah sepeti pepaya, keres, buah beringin dll. Namun burung kutilang dalam rawatan juga dapat diberi makan berupa Voer dan Pisang segar.

Meskipun tidak sedikit orang yang suka memelihara Burung Kutilang, ternyata bagi kicau mania dalam sebuah survei online menunjukkan bila burung ini lebih baik dibiarkan hidup bebas di alam liar karena untuk menghindari kepunahan juga kicauannya kurang disenangi para kicau mania.

0 comments:

Post a Comment