Ads 468x60px

Monday, October 12, 2015

Perawatan Burung Madu Sepah Raja

Burung Sepah Raja (Aethopyga siparaja) merupakan salah satu burung pemakan madu yang juga populer dengan nama Kolibri Sepah Raja yang sangat sering dijumpai di kepulauan riau, salah satu tempat yang pernah saya jumpai adalah Pulau Bintan. memanglah pulau ini menyimpan begitu banyak tempat-tempat yang nyaman bagi burung-burung mungil nan cantik, bukan hanya jenis Sepah Raja, burung madu lainnya pun sangatlah banyak bila dibandingkan populasinya di jawa timur.

Sebagian kicau mania di pulau bintan, tanjung pinang dan sekitarnya ada yang memelihara burung ini sebagai burung kicauan dirumah dan sebagai masteran bagi burung-burung peniru lainnya, agar burung mau rajin berkicau dengan merdu di dalam sangkar sudah seharusnya di kondisikan dengan senyaman mungkin dan dirawat dengan sebaik mungkin. Kali ini Gembala akan membagikan tips Perawatan Burung Madu Sepah Raja yang warnanya sangat eksotis.

Rawatan Harian Burung Madu Sepah Raja :
  1. Berikan makanan yang bergizi, bukan sekedar manis tapi juga mengandung cukup protein, Susu Kental manis adalah salah satu cairan yang sangat disukai burung pemakan madu. Dalam memberikan madu sebaiknya tanpa dicampur dengan air agar tidak mudah basi, Susu tanpa cairan air mampu bertahan hingga 3 atau 4 hari, bila akan mengering berikan beberapa tetes air minum.
  2. Selain memberi susu kental manis, berikan juga telur semut sebagai extra foodingnya karena burung ini juga termasuk burung pemakan serangga kecil. 
  3. Agar burung senantiasa selalu sehat setiap hari baiknya burung dimandikan dengan sprotan yang halus, kemudian dijemur sebentar 30 atau 60 menit. jika sudah kering cukuplah, waktu yang baik adalah sebelum jam 8 pagi.
  4. Air minum yang bersih sebaiknya diganti setiap hari, kroto (telur semut) dapat diberikan 2 hari sekali. 
  5. Di malam hari sebaiknya burung ini juga dikerodong agar burung senantiasa selalu dalam lindungan dari serangan binatang pemangsa seperti tikus maupun kucing. 
  6. Pemasteran terhadap burung ini juga dapat dilakukan dengan mendekatkan dengan burung kenari, lovebird, pleci, glatik wingko maupun blackthroat. meskipun kecil ternyata burung  ini juga mampu menirukan aneka kicauan burung lainnya.

Itulah perawatan burung madu Sepah Raja yang dapat saya bagikan, terima kasih atas kunjungannya semoga catatan singkat ini bermanfaat untuk kita semua. Amin.

0 comments:

Post a Comment