Ads 468x60px

Tuesday, January 27, 2015

Memahami Karakter Burung Robin

Seperti yang telah diungkapkan oleh banyak blogger dan pecinta burung lainnya, burung robin merupakan burung hasil import, sehingga tidak salah bila harga burung ini sangat fantastis untuk burung seukurannya. Sebelum merawat burung Robin, ada baiknya kita memahami karakter dan kebiasaan burung ini, sehingga akan lebih memudahkan kita dalam perawatan dan penangkaran bila kita ingin melakukan peternakan burung robin, prospeknya bagus lho...

Sekilas Karakter Burung Robin
Robin termasuk burung yang bersifat sosial. Artinya, ia bisa disatukan dengan burung lainnya dalam satu kandang. Kandang yang digunakan pun bervariasi. Anda bisa menggunakan kandang aviary yang berisi campuran beberapa jenis burung lainnya seperti finch dan kenari. Aplaagi jika memiliki kandang aviary.

Sama seperti burung kicauan lainnya, robin muda belajar bernyanyi dengan suara burung sejenis. Dengan kata lain, robin tidak bisa dimaster dengan suara burung yang berbeda jenis. Meski begitu, robin bisa belajar vokal berbeda yang digunakannya untuk mempertahankan wilayah, mencari pasangan, atau mengancam musuhnya.

Burung ini memang belajar berkicau sejak muda. Ada yang menyebutkan, robin jantan yang dirawat dengan cara hand feeding, biasanya kesulitan untuk mempelajari kicauan dari induknya. Hal ini membuatnya menjadi tidak bisa bernyanyi sebagaimana robin jantan lainnya.

Nyanyian bagi robin jantan adalah kunci sukses dalam menarik pasangan dan berkembang biak.  Saat musim kawin, burung ini akan memiliki sifat yang jauh berbeda dari biasanya, sehingga menjadi agresif dan bisa menyerang burung lain yang mendekati sarangnya.

Gimana sobat Kissawa? sekarang kita telah memahami karakter dari burung robin bukan... burung ini pernah berjaya di era 90an bersamaan dengan burung panca warna. sehingga penggemar burung ini kebanyakan adalah mereka yang menyukai burung di era tersebut, sedangkan yang new bie mungkin mengenalnya pun baru kali ini. mau tau harganya? lihat disini

0 comments:

Post a Comment