Ads 468x60px

Sunday, November 23, 2014

Membuat Koktail Untuk Burung Cucak Ijo

Membuat Koktail Untuk Burung Cucak Ijo - Kissawa | Surabaya, 24/11/2014 | Mungkin Kissawa bukanlah orang yang pertama mencoba memberi Koktail untuk burung Cucak Ijo. Sebenarnya apa itu Koktail? ini adalah makanan yang umumnya disajikan untuk manusia, dimana makanan ini terbuat dari beberapa buah segar yang dipotong-potong, kemudian diberi pemanis dari sirup atau gula, bisa disajikan dalam keadaan dingin maupun biasa.

Koktail Pisang Kepok
Karena burung cucak ijo adalah jenis burung pemakan buah dan suka yang manis-manis, maka tak ada salahnya kita juga mengajarkan cucak ijo untuk menikmati segar dan enaknya Koktail buah pisang atau buah pepaya. Sebenarnya apa kelebihan dan manfaat dari pemberian koktail buah pada burung cucak ijo? ini dia jawabannya :

  • Burung cucak ijo akan terbiasa makan di dalam wadah pakan (cepuk)
  • Kita bisa memberikan aneka buah sekaligus dalam sekali pemberian, misalnya saja koktailnya kita mix antara buah pisang dengan pepaya dan apel.
  • Selain mencampur buah, kita juga bisa memberi campuran lain yaitu madu, agar burung semakin sehat dan rajin berkicau.
  • Jika kita telah biasa memberi makan burung di dalam cepuk, maka secara perlahan kita juga mencampur antara potongan pisang dengan voer. sehingga burung juga akan bisa makan voer dikemudian hari.
  • Dengan memberi buah yang telah dipotong-potong, tentu saja kita berharap sangkar burung akan lebih bersih, karena burung cucak ijo kerap bertingkah jorok saat makan.

Cara membuat koktail
  • Siapkan beberapa buah segar yang tidak lembek dan masih segar.
  • Potong-potong buah pisang, pepaya, apel atau tomat se ukuran jangkrik kecil, sehingga burung akan lebih mudah dalam memakannya.
  • Bila anda membuat dalam jumlah yang sedikit bisa membuatnya setiap hari, campuran tadi berikan madu satu sendok teh dan air hangat secukupnya. Biarkan beberapa menit baru diberikan pada burung.

Koktail yang telah kita buat ini agar bertahan hingga 2 atau 3 hari sebaiknya disimpan dikulkas, dan kita bisa memberikan pada burung besoknya. Namun lebih baik jika koktail buah ini kita buat dalam keadaan fresh dan lansung diberikan pada burung cucak ijo.

Pada awal pemberian burung akan tampak bingung, tapi dia akan mencium aroma madu dan mencoba mencicipi menu baru itu, karena burung merasakan  manisnya maka akan mencoba untuk memakannya. Setelah beberapa kali pemberian maka burung akan terbiasa makan koktail yang kita buat untuknya.

Perlu digaris bawahi, bahwa pemberian koktail ini maksud saya bertujuan untuk mengajari cucak ijo agar mau makan voer lebih cepat. setelah terbiasa memakan apa yang kita berikan di dalam cepuk, bukan mustahil burung juga akan memakan voer yang kita berikan. Pemberian EF tetap dilakukan seperti biasa, karena koktail ini bukanlah EF.

Saya telah mencobanya dan burung tetap baik-baik saja, pemberian madu jangan berlebihan karena akan memberi efek burung menjadi mencret. 

Apakah anda berani mencoba? he he he... silahkan dipertimbangkan...


0 comments:

Post a Comment