Ads 468x60px

Monday, October 20, 2014

Cara Merawat Burung Cipoh/Sirpu Liar

Merawat Burung Sirpu sebaiknya dari sejak anakan atau sewaktu burung masih bisa diloloh, namun karena dipasaran banyak juga pedagang yang menjual Sirpu bakalan muda hutan yang masih liar. kali ini saya ingin berbagi tulisan singkat tentang Cara Merawat Sirpu Liar. Hal ini diperlukan agar pecinta burung  bisa merawat burung ini dalam waktu lama dan sampai berkicau. 

Perlu diketahui bahwa makanan utama burung ini sewaktu masih liar adalah jenis serangga, untuk itu anda harus memperhatikan ketersediaan makanan tersebut secara kontinyue. Adapun jenis makanan yang murah dan mudah  untuk diberikan adalah jenis UK - ulat kandang. Cara memberi UK ini adalah dengan mencampur UK dengan voer dalam 1 wadah makanan.

  • Burung yang masih liar sebaiknya tidak dimandikan sampai 1 minggu dalam sangkar harian anda, cukup diberi makanan UK yang dicampur dengan voer dan kotoran burung dibersihkan dari sangkarnya.
  • Agar burung cepat jinak, sebaiknya voer dibatasi jumlahnya, diatur sedemikian rupa sehingga voer akan habis sampai jam 4 sore. dan esok harinya diberi makanan UK lagi.
  • Setelah seminggu dalam rawatan anda barulah burung dimandikan dipagi hari dengan semprotan yang halus, kemudian burung dijemur sampai jam 9 pagi.
  • Siang hari burung tak perlu dikerodong, bahkan untuk mempercepat proses penjinakan sebaiknya burung digantung didekat aktivitas manusia, misalnya di teras atau diruang tamu yang sering dilalui orang.
  • Untuk mempercepat kicauan burung sirpu anda bisa memberikan kroto dua hari sekali setelah dimandikan, kemudian burung juga dipancing dengan suara burung lainnya atau di perdengarkan suara masteran seperti suara burung kenari dll.
  • Burung ini termasuk burung yang  mudah beradaptasi dengan lingkungan termasuk akrab dengan manusia, untuk itu sempatkan berinteraksi dengan burung paling tidak dalam sehari 2 kali, dipagi hari dan sore hari, adapun bentuk interaksi itu bisa dalam pemberian makanan maupun hanya sekedar di siuli
  • Malam hari boleh dikerodong agar burung tidak kedinginan dan tidak digigit predator
  • Burung yang dipelihara dari muda hutan atau liar memang agak lama untuk bisa makan voer, untuk itu perhatikan dengan baik makanannya agar burung tidak sampai tewas.
Rawatan burung liar ini bisa diteruskan hingga menjadi rawatan harian. Asalkan dilakukan dengan sabar dan ikhlas saya yakin burung akan cepat berkicau. 

Salam Cipoh Mania


1 comments:

Unknown said...

tank's atas saran nya

Post a Comment