Ads 468x60px

Saturday, July 26, 2014

Penyebab dan Cara Mengatasi Ciblek/Prenjak Cabut Bulu Ekor

Ada sebagian burung yang kerap menyakiti dirinya sendiri dengan mencabuti bulunya baik bulu di badan maupun di ekor, hal ini biasa di alami oleh sebagian burung paruh bengkok (parrot : Lovebird), Cendet bahkan Ciblek/Prenjak. Mengapa burung menyakiti diri sendiri? sangat mungkin burung sedang mengalami kondisi yang tidak nyaman pada dirinya, sehingga mencurahkan kekesalan dengan menyiksa diri agar si empunya melepaskannya, he he he...

Sebelum mengetahui cara mengatasi ciblek yang suka cabut bulu, ada baiknya kita memahami dahulu apakah penyebab burung suka mencabuti bulu/ekor. Beberapa hal berikut ini mungkin adalah salah satunya, meskipun ini mungkin hanya sebagai contoh :

  1. Prenjak mengalami Overb!rahi (OB). Burung Prenjak peliharaan ketika mengalami masalah tersebut cenderung mengalami frustasi akibat birahi yang tidak tersalurkan, sehingga memunculkan perilaku mencabuti bulu, bahkan bisa menyerang burung lainnya (menjadi sangat agresif). Hal ini tentu berbeda dengan burung yang ada di alam liar yang bisa menyalurkan brahinya dengan melakukan perkawinan.
  2. Prenjak mengalami stress. Stres bisa menjadi salah satu penyebab burung mencabuti bulu-bulunya sendiri. Pada burung ciblek, masalah ini disebabkan burung merasa tidak bisa bergerak secara leluasa. Misalnya, sangkar terlalu sempit atau tenggeran tidak sesuai dengan cengkeraman jari-jarinya. Kondisi lingkungan yang tidak nyaman bagi burung, seperti terlalu bising, sering muncul suara keras yang mengejutkan, suasana terlalu panas, dan sebagainya juga menjadi penyebab utama burung mengalami stres yang berujung ketakutan dan sering mencabuti bulu-bulunya.
  3. Prenjak mengalami gangguan parasit. Gangguan parasit sangat beragam, bisa berupa tungau, kutu, semut, dan sejenisnya. Seperti diketahui, tungau bulu akan bersarang dalam lapisan batang bulu.Adapun tungau merah dan kutu akan bersembunyi pada pangkal bulu burung, Akibatnya, ketika mengalami perasaan tersiksa luar biasa oleh mahluk-mahluk kecil itu, burung akan berusaha mengatasinya dengan cara mencabuti bulu-bulu di sekitar lokasi yang mengalami gatal. Dengan mencabuti bulunya, burung merasa lebih nyaman namun pada kenyataannya membuat tampilan menjadi kurang menarik.
Cara Mengatasi Prenjak/Ciblek Cabut Bulu
Menurut saya, dengan pola perawatan yang tepat, pemberian makanan yang tepat dapat mengurangi atau menghentikan kebiasaan buruk Prenjak yang suka cabut bulu. Beberapa hal yang patut anda coba untuk mengatasi hal ini, antara lain :
  • Rutin memandikan burung ciblek 2 – 3 kali sehari, pada pagi, siang, dan sore hari.
  • Pemberian ulat hongkong (UH) sementara dihentikan.
  • Pemberian EF (extra fooding) lain seperti jangkrik dan kroto bisa dikurangi. Pemberian jangkrik cukup 1 ekor pada pagi dan sore hari. Adapun kroto cukup diberikan 2 kali dalam seminggu, yang diberikan hanya pada pagi hari atau saat pengembunan.
  • Untuk burung yang terserang jamur atau parasit, tentu saja upaya kita selanjutnya adalah membebaskan burung dari gangguan tersebut, yaitu dengan rajin membersihkan sangkar dan membasmi parasitnya dengan FreshAves atau BirdFresh.

Semoga dengan goresan singkat cara mengatasi prenjak cabut ekor ini bisa menambah wawasan kita tentang merawat burung ciblek agar menjadi ciblek yang gacor dan ngebren.





0 comments:

Post a Comment