Ads 468x60px

Friday, July 18, 2014

Meningkatkan Kualitas Suara Kenari

Burung Kenari yang bagus untuk lomba adalah burung kenari yang rajin berkicau dan bekerja sejak detik awal lomba sampai lomba berakhir, dimana burung bisa membawakan nyanyian yang merdu dengan irama yang indah, naik turunnya lagu yang bervariasi serta memeliki satu atau beberapa suara yang khas sebagai suara andalan. Bagi yang ingin membawa burung kenari untuk lomba atau sedang ingin mempersiapkan burung kenari untuk lomba, maka penting bagi anda untuk Meningkatkan Kualitas Suara Burung Kenari.
 
Kualitas suara burung kenari dapat ditingkatkan dengan perlakuan perawatan yang rutin dan konsisten, berikut ini Kissawa ingin mengutip apa yang disampaikan Ronggolawe tentang hal tersebut :

Kenari yang rajin berkicau tiap hari, baik itu dirumah atau pun di tempat kontes tidak menjamin kualitas suaranya bagus, karena sistem penjurian di arena kontes juga sangatlah berpengeruh, misalkan kenari di tuntut harus biasa menyanyikan suara yang unik atau suara suara nyanyian burung lain, hal tersebut bisa menjadi nilai plus untuk kenari tersebut bagi penilaian juri.

Meningkatkan kualitas suara kenari dapat diupayakan dengan pemasteran menggunakan suara kenari yang sudah jadi juara ataupun menggunakan burung master yang cocok untuk mengisi suara kenari. Burung yang biasa di gunakan untuk pemasteran suara kenari diantaranya adalah  Black Throat, Branjangan, Sanger, jenis jenis Ciblek, Decu, Jalak Suren, pleci, Love Bird, Glatik batu dan lain sebagai nya.

Meskipun menilai kualitas suara kenari bisa dilakukan saat burung tersebut berkicau sendirian,akan tetapi jauh lebih baik dilakukan pada saat burung tersebut di adu suaranya dengan sesama jenisnya, kenari yang baik mampu berkicau terus menerus dengan penuh variasi dan jarang lagunya terputus secara tiba-tiba. Walaupun demikian, tidak menjamin kualitas suaranya bagus sebagai burung lapangan atau burung kontes. Karena kenari untuk lomba di tuntut untuk memiliki suara-suara yang unik atau berbeda dengan suara kenari yang khas pada umumnya, hal tersebut bisa dijadikan sebagai “senjata” andalan di arena kontes.

Suara “senjata” tersebut diharapkan ada pada suara pembuka atau pada kocokan suaranya, karena pada bagian tersebut senjata suara yang di kicaukan akan lebih jelas didengarnya.

Hal tersebut jika dilakukan dengan baik dan terus diulang, sudah pasti dapat memaksimalkaan dalam penilaian juri, namun ada juga suara master yang sering dibawakan oleh kenari pada bagian “sedotan “ dan cengkok (lekukan) suaranya, hanya saja senjata suara yang di kicaukan akan kurang menonjolkan keistimewaannya, karena terdengar kurang keras. Tetapi kalau memungkinkan, harus diusahakan semua bagian tersebut bisa memiliki suara-suara unik. Dengan demikian, suara senjata yang di miliki semakin bervariasi dan akan sering di bawakan atau di nyanyikan.Jadi kualitas suara kenari di anggap baik bila mampu berkicau secara terus menerus dalam tempo tinggi memiliki suara variasi keras dan lembut,minimal pada suara pembukanya mempunyai senjata suara. Dan suaranya tersebut bisa dibawakan saat di konteskan.

Waktu pemasteran yang tepat merupakan hal yang harus diperhatikan yang harus diperhatikan agar burung benar-benar bisa menirukan suara yang kita harapkan, selain itu kualitas suara burung kenari juga sangat dipengaruhi oleh perawatan yang intensif.


0 comments:

Post a Comment